4 Teknologi Mobil Ini Bisa Bikin Pengemudi Aman di Musim Hujan

banner 468x60

JAKARTA – Sejumlah teknologi pada mobil disebut mampu menghindarkan pengemudi dari bahaya saat musim hujan. Atau setidaknya membuat berkendara lebih aman dan nyaman

Pengemudi harus sangat berhati-hati di jalan. Pasalnya, kondisi jalan sangat berbeda dibandingkan kondisi normal. Kondisi jalan basah harus kita perhatikan. Penyebabnya mungkin kecepatan mobil tiba-tiba tergelincir akibat kesalahan berkendara.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Untungnya, teknologi berkembang begitu pesat sehingga berkendara di tengah hujan lebat bukan lagi sebuah pilihan. Nah berikut beberapa teknologi pada mobil yang membuat berkendara saat hujan deras menjadi lebih aman:

1. Modus mengemudi

Mode mengemudi adalah fitur yang sangat populer saat ini. Berbagai kendaraan telah dilengkapi dengan teknologi ini yang memungkinkan kendaraan beradaptasi dengan kondisi jalan raya.

Mode berkendara membuat mobil lebih mudah beradaptasi. Dengan teknologi ini, mobil biasanya mengurangi sensitivitas throttle, menjaga kecepatan tetap tinggi, dan rpm tetap rendah, sehingga membantu mobil untuk tidak berakselerasi secara tiba-tiba dan memutar roda. Selain itu, sistem pengereman ABS lebih sensitif saat menyesuaikan kondisi berkendara cuaca buruk.

2. Wiper otomatis mempunyai fungsi yang sangat penting ketika hujan. Wiper meningkatkan visibilitas pengemudi. Kini hadir fungsi wiper otomatis yang bisa langsung dioperasikan tanpa campur tangan pengemudi. Fungsi wipernya bahkan bisa mengatur intensitas hujan yang turun pada mobil secara otomatis.

3. Sistem penggerak semua roda AVD Sistem penggerak semua roda adalah teknologi yang sangat mahal. Hanya saja teknologi ini sangat bermanfaat bagi mobil, terutama untuk berkendara di berbagai kondisi jalan.

Sistem penggerak empat roda merupakan fitur yang berguna saat hujan deras atau jalanan terendam banjir, membantu pengemudi merasa lebih percaya diri saat berkendara dan mengurangi selip roda saat melewati genangan air.

4. ABS dan EBDABS atau sistem pengereman anti-lock merupakan fitur wajib yang dimiliki hampir setiap mobil yang dijual saat ini. Ia bekerja dengan menerapkan dan melepaskan rem secara terus-menerus, biasanya sepuluh kali per detik, untuk membantu roda mencengkeram jalan selama pengereman keras, mengurangi kecepatan dengan aman, dan mencegah situasi penguncian roda yang dapat menyebabkan kendaraan terguling.

Sementara itu, EBD atau Electronic Brake Distribution juga menjadi fitur populer pada mobil. Saat berkendara di jalan raya, gaya traksi roda berbeda-beda, sehingga gaya pengereman roda juga harus bervariasi agar mobil dapat berhenti secara efektif, dan gaya pengereman tidak mencukupi atau berlebihan.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *