5 Bahan Dapur yang Ampuh Obati Demam

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta Demam merupakan respon tubuh terhadap suatu infeksi atau penyakit yang ditandai dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius. Gejala demam antara lain perasaan hangat dan menggigil. Berbagai faktor bisa memicu kondisi ini, seperti infeksi virus atau bakteri, peradangan atau reaksi terhadap obat-obatan tertentu.

Pengobatan demam biasanya melibatkan penggunaan obat-obatan medis dan konsultasi dokter. Namun bahan-bahan alami yang tersedia di dapur juga dapat membantu mengurangi gejala demam dan mendukung proses penyembuhan.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Rabu (6/12/2023), dihimpun dari berbagai sumber, berikut daftar bahan dapur yang bisa membantu meredakan demam.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Netmeds, jahe memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan analgesik. Jahe mempunyai kemampuan dalam meredakan dan meredakan gejala demam akibat virus karena kandungannya. Di sisi lain, madu dengan sifat antimikroba yang kuat membantu mengurangi infeksi dan mengobati batuk.

Cara membuat teh jahe dan madu sangat sederhana. Rebus satu sendok teh jahe dalam segelas air selama 2-5 menit. Setelah itu, saring ramuan tersebut dan tambahkan sesendok madu. Teh jahe madu ini dapat diminum dua kali sehari untuk membantu menurunkan demam akibat virus.

Bawang putih mempunyai sifat antibakteri. Menurut buku Healing Foods karya DK Publishing, bawang putih sebagai anggota keluarga Allium mengandung diallyl sulfide, senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Selain itu, bawang putih mempunyai sifat menghangatkan sehingga dapat menurunkan demam tinggi dengan merangsang produksi keringat. .

Cara menggunakan bawang putih untuk mengobati demam adalah dengan menggiling satu siung bawang putih dan menambahkannya ke dalam secangkir air hangat. Biarkan selama 10 menit, lalu saring. Minumlah ramuan ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Berdasarkan informasi yang dilansir Netmeds, air beras atau air tajine dianggap sebagai pengobatan rumahan yang efektif untuk mengobati infeksi virus. Air beras dipercaya dapat mendetoksifikasi sistem tubuh dan membersihkan racun dari dalam, sehingga membantu pengobatan demam akibat virus. Minum segelas air beras atau air pati saat perut kosong dianjurkan untuk mengurangi gejala demam.

Menurut informasi yang diperoleh dari Buku Lengkap Pengobatan Rumah Ayurveda, Dr. Vasant Lad, daun ketumbar dianggap sebagai obat alami demam. Caranya, haluskan segenggam daun ketumbar dalam 1/3 gelas air dengan blender. Setelah digiling, saring campurannya dan minum cairannya tiga kali sehari, masing-masing dua sendok teh, untuk membantu menurunkan demam.

Lada hitam mempunyai peranan penting dalam Ayurveda, sistem pengobatan tradisional India, karena khasiatnya yang luar biasa dalam proses penyembuhan. Lada hitam kaya akan sifat antibakteri dan antibiotik yang sangat kuat. Selain itu, lada hitam juga kaya akan vitamin C. Kandungan ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah munculnya penyakit.

Untuk menggunakan lada hitam sebagai obat panas, rebuslah secangkir air, tambahkan 1 sendok teh lada hitam bubuk, dan tambahkan beberapa lembar daun kemangi. Ramuan ini dipercaya dapat melawan demam yang disebabkan oleh virus.

Orang yang mengalami demam tinggi disarankan untuk memperbanyak asupan air atau cairan elektrolit untuk menjaga keseimbangan hidrasi tubuh. Selain air mineral, kebutuhan cairan tubuh dapat dipenuhi dengan mengonsumsi minuman hangat dan makanan hangat.

Saat anak demam, mengkonsumsinya yang dicampur minyak dapat menyembuhkan demamnya. Bawang merah yang dicampur dengan minyak, minyak biji rami atau minyak kayu putih dapat digunakan sebagai obat penurun demam pada anak.

Disarankan untuk menurunkan suhu tubuh secara alami, memperbanyak istirahat dan memberikan kompres hangat pada bagian tubuh yang terasa panas.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *