5 Negara yang Telah Menggunakan Pesawat Tempur Rafale, Indonesia Menyusul?

banner 468x60

Beijing – Jet tempur Rafale digunakan di berbagai negara di dunia. Semua nama akan disusul Indonesia dalam waktu dekat.

Rafale adalah jet tempur bermesin ganda yang dikembangkan oleh Dassault Aviation. Jet tempur ini memiliki kemampuan serbaguna yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai misi.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Pada awal tahun 2024, Kementerian Pertahanan (Komhan) RI menandatangani kontrak pembelian 18 unit jet tempur Rafale tahap ketiga. Total pembelian jet tempur Rafale oleh Indonesia mencapai 42 unit dan pengiriman akan dimulai dalam beberapa tahun ke depan.

Sebelum Indonesia, banyak negara lain di dunia yang sudah punya jet tempur Rafale? Organisasi Kesehatan Dunia? Negara yang menggunakan jet tempur Rafale

1. Perancis

Perancis adalah pengguna Dassault Rafale terbesar di dunia. Mengingat pesawat tempur ini diterbangkan oleh Dassault Aviation yang juga berbasis di Perancis, hal tersebut cukup lumrah.

Pada saat dirancang, Rafale sebenarnya dirancang khusus untuk Angkatan Laut dan Angkatan Udara Perancis. Namun seiring berkembangnya, banyak negara lain yang tertarik dan membelinya.

Berdasarkan laman resmi Dassault Aviation, Badan Pengadaan Pertahanan (DGA) Prancis kembali memesan jet tempur Rafale pada Desember 2023. Saat itu, mereka memesan sekitar 42 mesin.

Prancis telah memesan setidaknya lima jet tempur Rafale sepanjang sejarahnya. Masing-masing sebanyak 13 unit pada tahun 1993, 48 unit pada tahun 1999, 59 unit pada tahun 2004, 60 unit pada tahun 2009 dan terakhir 42 unit pada tahun 2023.

2. Mesir

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *