5 Perbedaan Motor Karburator dengan Injeksi, Lebih Awet Mana?

banner 468x60

JAKARTA – Perbedaan karburator dan mesin injeksi menjadi hal yang penting bagi pemilik kendaraan. Meski memiliki fungsi serupa, namun terdapat kelebihan dan kekurangan di antara keduanya.

Karburator merupakan bagian dari mesin pembakaran yang bertugas mencampurkan udara dengan bahan bakar. Sedangkan injeksi merupakan teknologi yang menggunakan campuran bahan bakar dan udara pada kendaraan.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Lalu apa perbedaan karburator dan mesin injeksi? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan kami berikut ini.

Perbedaan mesin karburator dan mesin injeksi

1. Sistem injeksi bahan bakar

Sistem bahan bakar pada motor karburator dilakukan dengan mencampurkan udara dan bahan bakar sebelum masuk ke ruang bakar.

Sedangkan mesin injeksi menggunakan sistem injeksi langsung yang menginjeksikan bahan bakar langsung ke ruang bakar dengan bantuan sensor dan komputer.

2. Efisiensi bahan bakar

Dari segi efisiensi bahan bakar, sepeda motor karburator kurang efisien karena campuran bahan bakarnya tidak terkontrol sepenuhnya.

Sedangkan mesin injeksi akan lebih efisien karena sistem kendalinya akan lebih akurat dalam mengontrol jumlah bahan bakar yang disuntikkan ke dalam mesin.

3. Tunjukkan

Dari segi performa, sepeda motor karburator cenderung sedikit lebih lambat dalam merespon karena lambatnya pencampuran bahan bakar.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *