50 Guru Madrasah Ibtidaiyah Ikut Coaching Clinic Pengembangan Sepakbola Putri

banner 468x60

Kudus  – Bakti Sport Djarum Foundation dan MilkLife menyelenggarakan pelatihan rutin dan turnamen bergengsi MilkLife Coaching Clinic dan MilkLife Soccer Challenge.

Kedua rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk memajukan sepak bola wanita serta meningkatkan semangat dan kecintaan terhadap olahraga tersebut dari kalangan akar rumput.

MilkLife Coaching Clinic merupakan pelatihan yang ditujukan kepada guru pendidikan jasmani sekolah dasar, yang merupakan langkah awal menuju guru yang memiliki pemahaman dan keterampilan dasar sepak bola putri U-10 dan U-12.

Usai pembinaan klinik, para guru akan kembali ke sekolah masing-masing dan membentuk tim sepak bola putri dalam dua kelompok umur, U-10 dan U-12.

Tim selanjutnya akan berlaga di MilkLife Soccer Challenge yang diadakan tiga hingga empat kali dalam setahun di Supersoccer Arena, Rendeng, Kudus, Jawa Tengah.

Di MilkLife Coaching Clinic Angkatan 1, 2 dan 3 sekitar 50 Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengikuti pelatihan yang diadakan di Supersoccer Arena di Rendeng pada bulan Mei hingga Juli 2023.

Kali ini, sebanyak 50 orang guru dari berbagai MI di Kudus sangat antusias mengikuti pelatihan yang dipimpin oleh pelatih Timo Scheunemann.

Salma Munawwaroh, Kepala Dinas Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Kementerian Agama Kabupaten Kudus menyambut baik keikutsertaan puluhan sekolah Madrasah Ibtidaiyah di Kudus dalam pelatihan ini.

Menurutnya, kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan sosial dan emosional, sehingga diharapkan berdampak positif terhadap pembentukan karakter siswa.

Sepak bola merupakan olahraga beregu yang memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan dan kecerdasan anak dalam mengelola emosi dan bersosialisasi, kata Salma dalam jumpa pers di Supersoccer Arena, Rendeng, Kudus, Jawa Tengah, Sabtu, 22 Juli 2023.

Salma menambahkan, keikutsertaan siswi dalam sepak bola putri merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan potensi siswa di bidang non akademik. Selain mengembangkan berbagai soft skill, kegiatan ini juga menyehatkan karena dapat mendorong anak untuk lebih giat berolahraga.

“Perempuan sangat perlu untuk meningkatkan mobilitasnya, apalagi di era gadget ini mereka selalu terpaku pada ponsel,” kata Salma.

Selain 50 orang guru MI asal Kudus, ada 61 orang guru SD Negeri dan Swasta yang mengikuti MilkLife Coaching Clinic Angkatan 1, 2 dan 3, sehingga total guru yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 111 orang. .

Selain itu, 16 pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB) asal Kudus dan 29 mantan pemain sepak bola juga direkrut untuk melihat apakah ada sekolah yang mengikuti MilkLife Soccer Challenge pada Agustus-September 2023 ini namun belum memiliki guru olahraga.

Dalam acara ini, pelatih Timo Scheunemann yang merupakan pelatih berlisensi UEFA A berbagi pengalaman dan materi antara lain Penguasaan Bola atau Ball Control, Dribbling, Passing, Taktik Menyerang dan Bertahan serta program latihan sesuai standar Sekolah Sepakbola (SSB).

“Melalui MilkLife Coaching Clinic, kami berharap para guru dapat memahami dan mempraktekkan apa yang mereka pelajari selama seminggu bersama para siswa,” kata Timo.

“Bahwa para siswi yang tergabung dalam tim mempunyai teknik dasar bermain sepak bola. Selain menguasai teknik tersebut, yang terpenting adalah anak-anak merasa senang saat berlatih atau bertanding.”

Salah satu materi teknik dasar yang harus dikuasai adalah penguasaan bola. Pada materi ini, pelatih Timo membaginya menjadi dua tingkatan, yaitu. variasi mudah dan sulit, dimana langkahnya mulai menguasai bola secara bertahap, meningkatkan kecepatan tanpa melihat, yang memerlukan konsentrasi individu sebagai titik awal dan menggiring bola ke sisi kiri yang berbeda. . dan kaki kanan.

Di sisi lain, Manajer Program Pelayanan Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin mengatakan, acara ini diadakan agar siswi SD mulai mengenal dan mencintai sepak bola. Dengan begitu diharapkan kedepannya akan ada pesepakbola wanita profesional yang bisa membawa Indonesia berlaga di Piala Dunia. Indonesia from the East, film sepak bola yang mengusung semangat persatuan tentang Edu, seorang pilot senior yang bertugas membangun tim sepak bola di Papua. goseo.id.co.id 10 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *