7 Fakta Unik Kutub Selatan, Tempat Terdingin di Bumi

banner 468x60

JAKARTA – Kutub Selatan atau dikenal dengan Kutub Selatan merupakan tempat terdingin di dunia mengalahkan Kutub Utara. Rumah penguin ini berada di ujung selatan bumi dan merupakan inti bumi.

Kutub Selatan dan Utara terletak di ujung bumi. Namun berbeda dengan Kutub Utara yang banyak dijamah manusia, Kutub Selatan masih jarang dijamah manusia dan belum memiliki penghuni tetap.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Salah satu fakta unik Kutub Selatan adalah kutub ini merupakan tempat terdingin di muka bumi, kenapa? Menurut Science Live, alasan utama mengapa Kutub Selatan lebih dingin daripada Kutub Utara adalah karena Kutub Utara merupakan perairan yang suhunya mudah naik dan turun.

Sebaliknya, Kutub Selatan merupakan daratan (benua) yang suhunya tidak mudah berubah. Ingin tahu fakta lebih spesifik? Berikut 7 fakta unik Kutub Selatan, tempat terdingin di Bumi. Dirangkum dalam laman Aurora Travels.

1. Kutub Selatan adalah gurun Mungkin mengejutkan jika Kutub Selatan adalah gurun. Gurun dalam hal ini tidak selalu berarti tanah berpasir yang panas, Kutub Selatan juga bisa disebut gurun pasir karena kutub ini merupakan tanah kering yang curah hujannya sangat sedikit. Hal ini menegaskan fakta bahwa belahan bumi selatan merupakan gurun kutub.

2. Tidak memiliki zona waktu

Berbeda dengan negara lain yang menerapkan waktu musim panas, belahan bumi selatan tidak. Garis bujur yang memberikan waktu berbeda pada setiap negara bertemu di suatu titik di Kutub Selatan, itulah sebabnya kutub ini tidak mempunyai zona pasti. Para peneliti yang bekerja di sana sering menggunakan zona waktu asal mereka sebagai acuan waktu Kutub Selatan.

3. Segala arah adalah utara, jika kita berada di kutub selatan maka kita berada di kutub selatan bumi. Ke mana pun kita melihat atau pergi, semua arahnya mengarah ke utara.

4. Kutub Selatan sama panasnya dengan Melbourne saat ini Meskipun Kutub Selatan saat ini merupakan tempat terdingin di Bumi, di selatan Kutub Selatan suhunya sama panasnya dengan Melbourne saat ini. Para peneliti memperkirakan 40-50 juta tahun lalu, suhu di belahan bumi selatan mencapai 17℃. Mereka juga menemukan kerangka yang menunjukkan bahwa Kutub Selatan pernah ditutupi hutan hijau dan pernah dihuni oleh dinosaurus.

5. Memiliki gunung berapi aktif Kutub Selatan ternyata masih memiliki beberapa gunung berapi, dua di antaranya masih aktif. Satu gunung vulkanik adalah Gunung Erebus di Pulau Ross dan yang lainnya di Pulau Deception, sebuah kaldera vulkanik di Kepulauan Shetland Selatan.

6. Menyimpan sebagian besar air tawar bumi

Diketahui bahwa Kutub Selatan menampung 60-90% air tawar dalam lapisan es yang sangat besar. Es Kutub Selatan merupakan yang terbesar di Bumi, meliputi area seluas 14 juta km 2 dan menutupi pegunungan, lembah, dan dataran tinggi Antartika. Jika lapisan es mencair, diyakini akan menaikkan permukaan air laut hingga 60 meter, atau hampir 200 kaki.

7. Debu Intan di Udara Debu intan atau debu intan terbuat dari kristal es yang turun dari udara lembab jauh di atas permukaan tanah, seperti kabut salju. Saat kristal es tersangkut di udara, sinar matahari membuatnya bersinar. Hal inilah yang menimbulkan efek jutaan berlian melayang di udara.

MG/Keajaiban Tania

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *