7 Fitur Keamanan Android untuk Lindungi Pengguna dari Scam

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta – Di era digital saat ini, ketika semakin banyak orang yang beralih ke mobile banking dan mengelola uang di perangkat mereka, masalah keamanan semakin meningkat.

Ada banyak pelaku penipuan dan kejahatan lainnya yang menggunakan aplikasi jahat untuk mencuri uang atau mengakses informasi akun pengguna.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Tingginya angka upaya kriminal terhadap perangkat pengguna mendorong Android untuk memperkenalkan beberapa fitur yang dapat melindungi data pengguna dari kejahatan tersebut. Berikut rangkuman Tekno Liputan6.com dari Gadgets Now, Selasa (12/05/2023).

1. Telepon dari Google

Fitur ini melindungi pengguna dari phishing suara dan penipuan dengan ID penelepon bawaan, perlindungan spam, dan penyaringan panggilan.

Tak hanya itu, fitur ini juga memblokir panggilan berbahaya dan memperingatkan pengguna jika ada panggilan mencurigakan yang mencoba meminta pengguna mengunduh aplikasi berbahaya.

2. Pesan dari Google dan Gmail

Dengan menggunakan kecerdasan buatan, fitur Pesan Google dan Gmail dapat mengidentifikasi pesan mencurigakan dengan mengevaluasi reputasi pengirim, mengenali pola, dan mendeteksi tautan berbahaya.

Kemudian, secara otomatis memblokir atau menandai pesan dengan peringatan yang jelas, sehingga mendorong pengguna untuk memperhatikan.

3. Penjelajahan Aman Google

Saat menjelajah, fitur ini memberikan lapisan perlindungan tambahan dengan memperingatkan pengguna tentang situs yang mencoba memperoleh kredensial phishing. Dengan cara ini, pengguna dapat kembali dengan aman ketika menghadapi koneksi yang berisiko.

4. Peringatan saat mendownload file APK di Chrome

Dengan fitur ini, pengguna akan diberi tahu ketika mencoba mengunduh file Android (APK). Oleh karena itu, pengguna akan mempertimbangkan apakah akan mengunduh file tersebut.

Peringatan ini juga akan menyarankan pengguna untuk menjelajahi toko aplikasi yang memiliki kontrol keamanan ketat.

5. Sumber Android Tidak Dikenal

Fitur ini memerlukan masukan pengguna untuk mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber tidak dikenal di luar Google Play Store. Pengguna akan diminta memutuskan kapan akan menginstal aplikasi dari sumber non-standar, sehingga menghindari pengunduhan yang tidak disengaja.

6. Perlindungan Google Play

Google Play Protect menawarkan perlindungan real-time untuk aplikasi yang dipasang di luar Google Play. Fitur ini juga melakukan pemeriksaan real-time dan memperingatkan pengguna akan aplikasi berbahaya dan mencurigakan.

Selain itu, fitur ini juga memperkenalkan pemindaian real-time untuk mendeteksi ancaman yang muncul dan mengidentifikasi ribuan aplikasi yang berpotensi berbahaya.

7. Pengaturan terbatas di Android

Android menambahkan perlindungan lebih besar terhadap aplikasi dari sumber tidak dikenal yang mencoba mengubah pengaturan penting perangkat. Fitur ini memerlukan izin pengguna untuk aplikasi yang memerlukan proses masuk aksesibilitas, sehingga meminimalkan risiko penyalahgunaan.

Sementara itu, Google telah meluncurkan Android 14 QPR2 Beta 1 yang menghadirkan fitur baru bernama “Ruang Pribadi”. Namun fitur ini masih dalam pengembangan dan belum berfungsi sepenuhnya.

Penemuan ini dilaporkan oleh pengguna X (sebelumnya Twitter) @MishaalRahman. Android 14 QPR2 Beta 1 sepertinya menandakan bahwa Google sedang bersiap untuk menyediakan “Ruang Pribadi” bagi pengguna Pixel pada pembaruan fitur berikutnya di bulan Desember.

Meskipun sudah muncul di ponsel Google Pixel saat ini, fitur tersebut tidak akan tersedia untuk penggunaan normal hingga bulan depan.

Dilansir GizChina, Selasa (21/11/2023), fitur Personal Space di Android 14 QPR2 Beta 1 memungkinkan pengguna membuat profil pengguna baru dengan subkategori pribadi.

Pengguna dapat menyembunyikan aplikasi dan mungkin data di profil baru, yang dirancang untuk meningkatkan privasi dan keamanan.

Selanjutnya, dengan mengklik tombol “Buat Ruang Pribadi”, pengguna dapat membuat profil pengguna terpisah di Android. Mereka dapat menyembunyikan aplikasi dan data tertentu di ruang pribadi ini.

Ruang pribadi ini dapat dibuka menggunakan kunci layar, yang memberikan lapisan keamanan tambahan pada konten tersembunyi.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, GizChina berharap akan ada lebih banyak fitur yang ditambahkan di masa mendatang untuk meningkatkan kemampuannya.

Pengenalan Private Space menunjukkan upaya Google untuk memberikan pengalaman yang lebih aman dan pribadi bagi pengguna Android.

Dengan cara ini, Ruang Pribadi di Android 14 QPR2 Beta 1 mewakili tambahan yang signifikan untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna Android, menawarkan cara baru untuk mengelola aplikasi dan data dengan lebih aman.

Meski fitur Private Space di Android 14 QPR2 Beta 1 merupakan tambahan baru, namun banyak pabrikan lain seperti Oppo, OnePlus, Huawei, dan Samsung telah menyediakan fitur serupa.

Namun, yang membuat Private Space unik adalah kemampuannya membuat profil pengguna terpisah untuk menyembunyikan aplikasi dan data.

Beberapa OEM, seperti Samsung dengan “Folder Aman” di sistem OneUI-nya, menghadirkan solusi serupa, meskipun dengan prinsip yang sedikit berbeda.

Pengenalan Private Space bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih aman dan pribadi bagi pengguna Android. Dengan mengizinkan aplikasi dan data disembunyikan di profil pengguna terpisah, pengguna dapat mengontrol privasi dan keamanan informasi pribadi mereka dengan lebih baik.

Penambahan fitur Private Space di Android 14 QPR2 Beta 1 mencerminkan pertumbuhan yang signifikan. Langkah ini merupakan langkah maju yang besar dalam meningkatkan privasi dan keamanan pengguna Android.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk membuat ruang pribadi​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​dengan perangkat mereka, memungkinkan mereka menyembunyikan aplikasi dan data di profil pengguna terpisah. Dengan terus dikembangkannya fitur ini, pengguna akan memiliki kontrol lebih besar terhadap privasinya.

Secara keseluruhan, fitur Ruang Pribadi Android 14 merupakan tambahan yang positif. Fitur ini memberi pengguna cara baru untuk mengelola privasi dan keamanan di perangkat mereka.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *