9 PTN yang Memiliki Rumah Sakit Pendidikan, Fasilitas Penting untuk Daftar Kedokteran

banner 468x60

Jakarta – Inilah daftar 9 PTN di Indonesia yang memiliki rumah sakit pendidikan. Banyak perguruan tinggi negeri (PTN) ternama, selain membuka jurusan kedokteran, rumah sakit pendidikan atau rumah sakit pendidikan.

Ada perbedaan antara rumah sakit pendidikan dan rumah sakit biasa. Perbedaan utamanya adalah dalam menjalankan operasionalnya sehari-hari, termasuk rumah sakit pendidikan kesehatan primer dan sekunder serta layanan kesehatan tersier.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Selain itu, balai pelatihan juga menjadi tempat pelatihan bagi para tenaga kesehatan, sebelum memasuki pelatihannya, dan perlu diingat, tidak semua perguruan tinggi yang membuka jurusan kedokteran mempunyai pusat pengajaran di rumah sakit.

Dengan kata lain, pengajaran di rumah sakit penting bagi universitas yang membuka jurusan kedokteran. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, artikel ini menjelaskan 9 PTN yang merupakan rumah sakit pendidikan, Simak!

9 PTN dan Kementerian Kesehatan memiliki rumah sakit pendidikan

1. Universitas Indonesia (UI)

Siapa yang tidak ingin kuliah kedokteran di UI? Padahal, Rumah Sakit Universitas Indonesia merupakan Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RS PTN) pertama di Indonesia. Rumah sakit UI merupakan konsep green, atau konsep rumah sakit hijau yang ramah lingkungan dan mengutamakan keselamatan pasien.

Salah satu keunggulan RS UI adalah program one stop health health. Rumah sakit juga mencakup bangsal rawat inap, ruang pemeriksaan mahasiswa kedokteran, dan infrastruktur teknis yang mendukung studi kedokteran. Hal yang menarik dari RS UI adalah bangunan dengan komponen tahan gempa di seluruh lantainya.

2. Universitas Gudja Muda (UGM)

Salah satu Perguruan Tinggi (PTN) terbaik di Indonesia, UGM juga merupakan rumah sakit pendidikan. Rumah Sakit Akademik Universitas Gadja Muda (RSA UGM) terletak di kawasan khusus Jalan Kubopatan, Karanggahan I, Teranggu, Kecamatan Gampung, Kabupaten Sulaiman, Yogyakarta 55291.

RSA UGM ditetapkan sebagai rumah sakit tipe B pada tahun 2014. Pelayanan RSA UGM sudah lengkap. Mulai dari rawat jalan, rawat inap darurat, layanan hemodialisis, layanan rehabilitasi medis, hingga layanan perawatan intensif hingga rawat inap.

3. Universitas Deeponguru (India)

RS Nasional Dipongoro merupakan rumah sakit milik Indeep Semarang dan merupakan rumah sakit tipe C yang terakreditasi KARS. Rumah Sakit Indeep memiliki layanan darurat, perawatan di rumah, ICU, klinik, farmasi, radiologi, laboratorium, rehabilitasi medis, kateterisasi jantung, transfusi darah dan ambulans 24 jam. Rumah Sakit ini terletak di Jalan Prof. Moeljono S Trastotenojo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275

4. Universitas Ceballos Mart (UNS)

UNS Surakarta Sebelas merupakan rumah sakit pendidikan Universitas Sebelas Maret. RS UNS terletak di Jalan Ahmad Yani 200 Makamhaji Kratasura Sokoharjo, Sokoharjo, Jawa Tengah.

RS UNS Solo merupakan rumah sakit dengan layanan tipe A, B dan C serta 200 ruangan. Selain itu, terdapat 10 klinik swasta dan unit gawat darurat serta laboratorium yang buka 24 jam sehari.

5. Universitas Air Langa (Junior)

Kampus Universitas Airlangga terletak di Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur. Airlangga Aesthetic Center (ACC) berlokasi di Unair Medical Center yang baru dibuka pada akhir tahun 2018 ini. Varises Indonesia, Kulit dan Wajah, Anti Aging, dan Kosmetik Gigi Tunjukkan Gejala ACC RSUA.

Rumah Sakit Universitas Air Langa mempunyai fasilitas seperti rawat jalan, rawat inap, pengobatan 24 jam, IGD 24 jam, nutrisi klinis, terapi dan rehabilitasi fisik, laboratorium, pemeriksaan kesehatan, radiografi, serta rekam medis dan informasi kesehatan.

6. Universitas Brawijaya (UB)

Salah satu universitas terbaik di Jawa Timur, Universitas Brawijaya (UB) juga merupakan rumah sakit pendidikan. RSUB terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. RSUB didirikan pada tahun 2010. RS UB mempunyai ruang gawat darurat, rumah sakit anak, rumah sakit jantung, rumah sakit, ruang operasi, obat-obatan, ICU, dan ruang bersalin.

7. Universitas Andalas (Unand) Padang

Rumah Sakit Unand terletak di Universitas Unand Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat. Rumah sakit ini memiliki fasilitas terbaik untuk mengobati penyakit asam dan lambung.

Pelayanan meliputi pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat jalan, pelayanan kamar operasi, pelayanan gawat darurat, fasilitas kesehatan, pelayanan rawat jalan, pelayanan ICU, ambulan, pelayanan penunjang (radiologi, laboratorium dan gizi) dan peralatan radioterapi.

8. Universitas Riau

PTN lain di luar Pulau Jawa adalah rumah sakit pendidikan. Rumah Sakit Universitas Riau (RSUR) merupakan rumah sakit umum yang terletak di Panam, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Universitas Riau memiliki beberapa klinik yang dapat digunakan oleh masyarakat Riau dan sekitarnya. Universitas Bina Vidya terletak di Jalan HR. Soebrantas Panam Km 12,5, Simpang Baru, Panam, Kota Pekanbaru, Riau.

9. Universitas Hasanuddin (Inhas)

PTN Makassar juga memiliki rumah sakit pendidikan sendiri di Unhas. Rumah Sakit Universitas Hassanuddin (Unhas) terletak di Km 11, Jalan P.Kemerdeaan, Tamalanrea Indah, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Rumah sakit ini telah meningkatkan pelayanan seperti Pusat Kanker, Pusat Trauma, Pusat Mata, Pusat Diagnostik, Pusat Intervensi Serebral dan Pembuluh Darah, Pusat Reproduksi Endokrin Kesuburan.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *