Apa Nama Gelar Pendidikan untuk Pramugari? Ini Jawabannya

banner 468x60

JAKARTA – Sebagian orang mungkin masih belum tahu apa-apa tentang pelatihan pramugari. Sebab profesi ini tergolong unik dan jarang ditemukan di kalangan mereka yang memilih menjadi pramugari.

Pasalnya, menjadi pramugari cukup sulit. Ada sejumlah persyaratan khusus yang harus dipenuhi setiap peserta, seperti penampilan menarik dan pengetahuan pramugari.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Pramugari juga harus melalui pelatihan yang cukup ketat. Jadi apa tingkat pelatihan pramugari? Berikut ulasannya.

Nama ijazah pramugari

Di Indonesia, sebutan pelatihan pramugari biasanya Ahli Pratama (AP-Pnb). Gelar ini diperoleh setelah memperoleh ijazah pertama (D1) pramugari.

Salah satu SMA yang menyelenggarakan program pelatihan D1 Pramugari adalah Sekolah Tinggi Teknologi Dirgantara (STTKD) di Yogyakarta. Kurikulum mata kuliah ini terdiri dari dua semester dan mahasiswa disuguhkan materi seperti jenis pesawat, pengumuman dalam penerbangan, informasi penerbangan dan Bahasa Inggris untuk penerbangan.

Selain gelar AP-Pnb, ada gelar lain yang bisa diperoleh pramugari: Sarjana Penerbangan (S.Pnb). Gelar ini diperoleh setelah menyelesaikan gelar sarjana (S1) bidang penerbangan.

Salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi Sarjana Penerbangan adalah Universitas Marsekal Suryadarma (Unsurya), sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di bawah naungan TNI AU. Letaknya di kawasan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Namun gelar pendidikan pramugari tidak selalu harus diperoleh dari sekolah atau universitas penerbangan swasta. Kebanyakan pramugari juga memiliki gelar sarjana dari SMA/SMK/sederajat atau semua jurusan.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *