ASI Eksklusif dan Makanan Bergizi Bantu Anak Melawan Pneumonia

banner 468x60

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pakar kesehatan anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Nastiti Kaswandani mengatakan, ASI khusus (ASI) yang dipadukan dengan makanan bergizi dapat membantu anak melawan pneumonia. Penyakit ini menjadi unik setelah mewabah pada anak-anak di China.

“Makanan bergizi dan ASI membantu anak melawan penyakit, termasuk pneumonia,” ujarnya saat diskusi daring tentang Mycoplasma pneumonia yang berlangsung daring di Jakarta, Jumat (12/1 Januari 2023).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Selain itu, lanjut Nastiti, untuk membantu anak melawan pneumonia, semua anak harus diberikan vitamin A minimal dua kali setahun yang bisa diperoleh di Posyandu. Mengurangi polusi asap di dalam rumah, tidak merokok di dekat anak, menjaga kebersihan rumah sekaligus memperhatikan aliran udara segar juga dapat menurunkan risiko terjadinya pneumonia pada anak.

“Hindari kontak dengan orang sakit dan lengkapi vaksinasi yang dianjurkan untuk mencegah pneumonia,” kata Nastiti Kaswandani, Wakil Ketua Dewan Ilmu Kesehatan Anak Indonesia.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *