Asyik, Gaji Karyawan Diperkirakan Naik Segini Tahun Depan

banner 468x60

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Gaji pegawai di Indonesia diperkirakan meningkat rata-rata 6,5% pada tahun 2024. Angka tersebut menunjukkan tren kenaikan yang konsisten sejak dua tahun terakhir, dari kenaikan 6,3% pada tahun 2023 dan enam tahun sebelumnya. bertahun-tahun. persen pada tahun 2022.

Hal tersebut terungkap dari Total Compensation Survey (TRS) tahun 2023 yang dilakukan Mercer. Survei TRS yang melibatkan 570 organisasi dari tujuh industri di Indonesia ini dilakukan pada bulan April hingga Juni 2023.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

570 perusahaan tersebut mencakup berbagai industri atau sektor. “Mulai dari teknologi tinggi, ada barang konsumsi, ilmu hayat, jasa pertambangan,” kata Astrid Suryapranata, Kepala Pasar Mercer Indonesia.Tambang dan mobil, selebihnya kami sebut umum. industri.” Rabu (12 Juni 2023).

Pertumbuhan upah di Indonesia diperkirakan sebesar 6,5% pada tahun 2024, lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan upah di Asia sebesar 5,2%. Hal ini mencerminkan pertumbuhan positif dalam tren gaji karyawan di Indonesia dibandingkan negara lain di kawasan ini.

Di Asia, India dan Vietnam memimpin dengan kenaikan gaji rata-rata tertinggi yang diperkirakan sebesar 9,3% dan 7%. Sebaliknya, Jepang (2,6%), Taiwan (3,8%) dan Hong Kong (3,9%) mempunyai ekspektasi kenaikan gaji terendah di kawasan ini.

Pasar lain dalam survei ini menunjukkan tren pertumbuhan upah yang berbeda, seperti Filipina (5,7%), Tiongkok Daratan (5,2%), Thailand (4,7%), Korea Selatan (4,4%) dan Singapura (4,2%).

Astrid mengatakan tren kenaikan gaji yang stabil di Indonesia, yang lebih tinggi dibandingkan negara maju, disebabkan oleh sejumlah faktor seperti kenaikan upah minimum, kenaikan biaya hidup yang terus menerus, dan ketatnya persaingan antar pekerja.

“Pertumbuhan upah yang stabil pada tahun 2024 juga menandakan optimisme bisnis di tengah ketidakpastian sosial ekonomi, diimbangi dengan kebutuhan industri untuk tetap kompetitif dalam pencarian bakat saat ini”.

Meskipun ada ketidakpastian yang mungkin timbul dari pemilu mendatang di Indonesia, sebagian besar industri tetap optimis dan berencana menaikkan upah sedikit lebih tinggi.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *