Bagikan 2,5 juta Sertifikat Tanah, Jokowi: Disekolahkan untuk Modal Kerja Tak Apa-apa

banner 468x60

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pertanian dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tyahjanto menyerahkan 2.550.800 sertifikat tanah di seluruh Indonesia.

Jokowi menjelaskan, pembagian sertifikat kepada masyarakat merupakan bentuk perlindungan pemerintah agar terhindar dari permasalahan dan konflik pertanian. Sertifikat tanah memperjelas status kepemilikan tanah untuk mengurangi konflik dan perselisihan.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Kami ingin memastikan Anda mendapatkannya,” kata Presiden saat berpidato di Gedung Negara, Senin (12 April 2023).

Selain untuk melindungi kepemilikan tanah, sertifikat tanah ini juga dapat digunakan sebagai modal usaha dengan menjaminkannya kepada lembaga keuangan seperti bank.

“Lalu ijazah ini kegunaannya untuk apa? Kalau kita lihat di perbankan, pertumbuhannya berapa? Pasti akan meningkat tajam, karena banyak ijazah yang masuk ke sekolah, mendingan dipakai untuk modal kerja, ” dia berkata. dia mengikuti.

Presiden Jokowi juga berpesan agar masyarakat bijak dalam mengambil pinjaman di bank dan menggunakan sertifikat tanah sebagai jaminan. Hal ini perlu dilakukan perhitungan secara cermat agar tidak mengembalikan uang yang dipinjam dan kehilangan sertifikat tanah.

Selain itu, proses penyerahan seluruh tanah di Indonesia diharapkan bisa dipercepat jika sertifikat sudah diberikan.

Saat ini, Presiden Jokowi menyebutkan total bidang tanah yang akan disertifikasi di seluruh Indonesia sebanyak 126 juta bidang tanah. Namun, setidaknya ada 109 juta bidang tanah yang harus disertifikasi saat ini.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *