Bantu Pekerja Migran, QRIS Antarnegara Harus Tembus Timur Tengah dan Asia Timur

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta – Antaranegara Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) berhasil meraih penghargaan emas di Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023. Ariawan Gunadi, pakar hukum bisnis dan perdagangan internasional, menilai penghargaan ini menegaskan pentingnya peran QRIS dalam meningkatkan efisiensi. transaksi pembayaran.

“QRIS tidak hanya berperan sebagai alat pembayaran, tetapi juga meningkatkan aksesibilitas dan keamanan infrastruktur kegiatan perekonomian antar negara bagi masyarakat dan pelaku usaha khususnya UKM,” kata Ariawano dalam keterangan tertulis, Selasa (12/5/12). . ). 2023).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Setelah meraih penghargaan ini, Bank Indonesia memang tidak bisa tinggal diam dan harus menyusun berbagai strategi untuk memperluas pasar penggunaan QRIS antar negara guna mendorong kebijakan digitalisasi pembayaran.

Ariawan menyambut baik kesepakatan penting antara Bank Indonesia dan Bank Sentral Uni Emirat Arab mengenai penerapan sistem pembayaran internasional menggunakan metode QRIS lintas negara. Nota Kesepahaman ini membuka jalan bagi transaksi langsung menggunakan mata uang masing-masing negara dengan menghubungkan sistem kode respon cepat kedua negara.

Penerapan sistem ini diharapkan dapat memudahkan transaksi baik bagi pekerja migran Indonesia yang bekerja di UEA maupun wisatawan Indonesia yang berlibur di negara tersebut. Di sisi lain, pekerja dan wisatawan UEA juga akan menikmati manfaat ketika berbisnis di Indonesia.

“Perjanjian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan kegiatan keuangan lintas batas, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan memfasilitasi interaksi ekonomi antara Indonesia dan UEA,” jelas guru besar Universitas Tarumanagara ini.

Ia juga mengatakan, selain masuk ke UEA, strategi yang dapat diterapkan adalah bekerja sama dengan berbagai negara di Timur Tengah dan negara-negara Asia Timur lainnya untuk menerapkan penggunaan QRIS lintas batas melalui penyelesaian mata uang lokal (LCS). .

Langkah tersebut bertujuan untuk meningkatkan efisiensi transaksi di kawasan Timur Tengah dan Asia Timur. Melanjutkan penggunaan QRIS di wilayah lintas negara diharapkan dapat mengurangi ketergantungan pada penggunaan uang fisik, sehingga masyarakat dapat bertransaksi lebih cepat, mudah, efisien, dan aman.

Indonesia Quick Response Code Standard (QRIS) Antaranegara berhasil meraih penghargaan emas atau menjadi yang terbaik pada ajang internasional Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023 pada kategori “Operational Efficiency” di Thailand (22.11.2023).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono menjelaskan, kategori efisiensi operasional menunjukkan QRIS telah berkontribusi dalam meningkatkan efisiensi transaksi pembayaran, menjadikan kegiatan perekonomian lintas negara menjadi lebih mudah dan aman bagi masyarakat dan pelaku usaha. , khususnya bagi UKM, serta dukungan konektivitas dan inklusi pembayaran.

“Dalam pembuatan penghargaan ini, Qorus menilai QRIS sebagai sebuah inovasi yang memenuhi kriteria, termasuk orisinalitas, yaitu sebagai sebuah ide unik yang berguna dalam jangka panjang, dapat diterapkan secara universal di semua negara, dan telah teruji,” kata Erwin. Rekening koran Bank Indonesia, Jumat (24/11/2023).

Qorus Reinvention Awards Asia Pasifik 2023 dikenal untuk menghormati inovasi institusi keuangan berskala besar yang membentuk masa depan jasa keuangan di kawasan ini. Penghargaan ini berguna dalam mendorong budaya inovasi di lembaga keuangan.

Berbasis di Perancis, Qorus merupakan lembaga independen dengan pengalaman 50 tahun di bidang konsultasi, manajemen acara, dan komunitas global sebagai katalis bagi lembaga keuangan, khususnya perbankan, untuk mengoptimalkan potensi digital guna mendukung kebutuhan masyarakat.

QRIS sendiri merupakan bagian dari Rencana Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 yang diluncurkan BI bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada tahun 2019. 17 Agustus bagian.

Dalam tahap pengembangan, QRIS telah memfasilitasi konektivitas pembayaran lintas negara sejak tahun 2022, dengan cakupan di Malaysia, Thailand, dan kini berkembang hingga Singapura, yang baru diluncurkan pada tahun 2023. Nov 17 Sinergi yang kuat antar negara, terutama di wilayah yang tercakup dalam Regional Payment Connectivity (RPC) ), merupakan salah satu strategi utama untuk memperluas penerapan QRIS, yang akan sangat bermanfaat bagi sektor perdagangan dan pariwisata, khususnya pelaku UKM.

BI mencatat sampai tahun 2023 bulan Oktober. Jumlah merchant QRIS telah mencapai 29,6 juta. pedagang (92 persen adalah UKM).

Sejalan dengan perkembangan tersebut, transaksi QRIS antara Indonesia dan Thailand serta Indonesia dan Malaysia juga terus tumbuh positif hingga mencapai bulan Oktober. jumlah transaksinya 59 ribu.

“Ke depan, Bank Indonesia akan terus memperluas kerja sama integrasi pembayaran QR dengan negara mitra lainnya untuk mempercepat integrasi ekonomi dan keuangan digital,” tutupnya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *