Beli Spare Part Mobil di Toko Biasa, Ini Cara Bedakan Asli vs Palsu

banner 468x60

Jakarta, 23 Oktober 2023 – Suku cadang mobil merupakan komponen penting yang wajib diganti secara berkala untuk menjaga performa dan keselamatan berkendara. Namun saat ini banyak beredar suku cadang pengganti palsu yang kualitasnya kalah dengan aslinya.

Suku cadang palsu dapat merusak performa mobil Anda dan menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membedakan keduanya.

Berikut beberapa tips membedakan spare part asli dan palsu yang dikutip goseo.id Otomotif dari laman Suzuki Indonesia:

1. Periksa nomor seri dan nomor komponen pengganti. Suku cadang pengganti asli memiliki nomor seri dan kode yang tercetak pada kemasannya. Anda dapat memeriksa nomor seri dan kode kompatibilitasnya di katalog produk resmi.

2. Periksa kondisi kemasan suku cadang pengganti. Kemasan asli part penggantinya terbuat dari bahan berkualitas, dengan warna dan tulisan yang bening dan tidak luntur. Pada kemasan asli spare part juga terdapat stiker hologram dengan logo yang terlihat jelas.

3. Periksa kondisi fisik dan spesifikasi spare part. Suku cadang asli terkadang memiliki kondisi fisik yang mulus dan sama bagusnya dengan versi aslinya. Anda juga harus memeriksa situs resmi merek suku cadang untuk memeriksa kesesuaian spesifikasi yang tercantum untuk pembelian Anda.

4. Tanyakan garansi suku cadang pengganti.Suku cadang pengganti asli mempunyai garansi resmi dari produsen merek mobil Anda. Jaminan resmi umumnya bersifat jangka panjang.

5. Cek harga spare part. Suku cadang asli seringkali memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan suku cadang palsu.

6. Periksa data pabrik suku cadang. Jika Anda ingin membeli secara online, penting untuk memeriksa detailnya sebelum memutuskan untuk memeriksa produk. Periksa suku cadang pengganti yang ingin Anda beli apakah sesuai dengan data Original Equipment Produsen (OEM). Mitsubishi Xforce Terjual Ribuan Unit dalam Waktu Singkat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) luncurkan SUV kompaknya, hanya butuh empat bulan, mobile i goseo.id.co.id 10 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *