BP Tapera Gandeng Jepang Kembangkan Pembiayaan Rumah Subsidi

banner 468x60

JAKARTA – BP Tapera dan Japan Housing Finance Agency (JHF) menandatangani nota kerja sama di bidang perumahan bersubsidi untuk dua tahun ke depan. Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Komisaris BP Tapera Adi Setianto dan Senior Executive Director JHF Yoshida Hideo pada Jumat (15 Desember 2023) di The Langham Hotel, Jakarta.

Komisaris BP Tapera Adi Setianto mengatakan kerja sama tersebut dilakukan dalam rangka pertukaran informasi penelitian pembiayaan perumahan dan proyek instrumen keuangan.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Hal ini dapat meningkatkan stabilitas pasar properti dan pasar pembiayaan perumahan. Terdapat juga financing tools untuk mengoptimalkan pasokan perumahan bagi keluarga berpenghasilan rendah dan menengah, serta informasi mengenai pasar properti dan pasar pembiayaan perumahan di Indonesia dan Indonesia. “Jepang”, minggu kelima (15 Desember 2023), kata Adi usai penandatanganan perjanjian di Jakarta.

Selain itu, kedua pihak juga bekerja sama dalam tata kelola perusahaan, manajemen risiko dan sosialisasi untuk mendorong kelancaran pelaksanaan proyek pembiayaan perumahan, serta perbandingan sistem pembiayaan perumahan.

Lebih lanjut Adi menambahkan, kerja sama ini juga bertujuan untuk bertukar informasi terkait standar perumahan dan perbandingan teknisnya. Selanjutnya dilakukan perbandingan untuk mengidentifikasi perbedaan perspektif, hambatan, tantangan dan strategi untuk meningkatkan minat investor pemerintah dan swasta terhadap sektor pembiayaan perumahan.

“Kami berharap dapat memperkuat kerja sama di bidang penelitian dan proyek terkait pembiayaan perumahan bersubsidi dan dukungan terhadap pasar real estate. Menjajaki solusi permasalahan perumahan serta bertukar informasi dan rencana di bidang perumahan,” kata Adi.

Sementara itu, Senior Executive Director JHF Hideo Yoshida mengatakan metode kerja sama yang akan dilaksanakan terdiri dari pertukaran informasi dan pertukaran pendapat mengenai pasar real estate dan pembiayaan perumahan di Indonesia dan Jepang.

Kerja sama ini didasari pada tahun 2022. Kunjungan BP Tapera ke JHF bertujuan untuk menjalin kerja sama dengan lembaga internasional dan mendapatkan pemahaman komprehensif mengenai ekosistem pembiayaan perumahan Jepang.

Pada tahun yang sama, JHF menerbitkan makalah penelitian bersama mengenai pasar pembiayaan perumahan Indonesia bersama dengan Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR dan Sarana Multigriya Finansial (SMF).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *