Buntut Akun YouTube Diretas, Perangkat Admin Medsos DPR Diperiksa

banner 468x60

goseo.id Tekno – Kemarin, akun YouTube DPR RI diretas orang tak dikenal. Peretasan tersebut ditandai dengan unggahan video yang menampilkan permainan judi online.

Pukul 05:06 WIB akun tersebut diambil alih. NAT-CSIRT memberitahu BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) dan Google Indonesia untuk memulihkan akun DPR-CSIRT (Tim Tanggap Darurat Komputer).

Menurut Juru Bicara BSSN Arindi Putra, NAT-CISRT melakukan insiden BSSN dan forensik digital di beberapa perangkat yang digunakan admin media sosial DPRI.

Berdasarkan hasil pendeteksian, terdapat indikasi adanya file yang tergolong malware dan pada perangkat terdapat file yang tergolong Hectol. Berkas tersebut akan diserahkan kepada Tim Analis Malware BSSN untuk dianalisis lebih lanjut, ujarnya. Rilis resmi. , Kamis, 7 September 2023.

NAT-CSIRT melalui BSSN kemudian memberikan rekomendasi mitigasi, rehabilitasi dan penegakan hukum terhadap peralatan yang digunakan.

Rabu pukul 11.00 WIB, aktivitas peretasan akun YouTube DPRRI yang menyiarkan siaran langsung tersebut terhenti. Beberapa waktu lalu, akun tersebut sempat disuspend sementara oleh Google atas permintaan DPRI.

Kemudian pada tanggal 6 September pukul 20.30 akun telah dipulihkan meskipun belum lengkap. Hingga pukul 08.00 WIN Kamis, Google masih berupaya memulihkan sepenuhnya akun YouTube resmi DPRI.

“Dalam masa pemulihan, akun YouTube resmi DPRI diblokir sementara oleh admin media sosial,” jelasnya.

Selain itu, sebagai bagian dari penguatan DPR-CIRST, akan dibentuk satuan tugas bersama antar mitra untuk memperkuat upaya keamanan dan upaya pemulihan dalam menghadapi insiden siber.

BSSN dan DPR-CSIRT bermitra dengan Barescream Polri dalam upaya menegakkan kepatuhan aparat penegak hukum terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. Google Luncurkan Gemini, Model AI Paling Kuat Google resmi meluncurkan Gemini, model kecerdasan buatan (AI) paling kuat. AI buatan Google ini disebut-sebut mampu menyaingi ChatGPT. goseo.id.co.id 10 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *