Cara Menanam Bawang Putih yang Baik dan Benar, Dijamin Tumbuh Subur

banner 468x60

JAKARTA – Bawang putih merupakan produk hortikultura yang penting karena sering digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, sebagai obat antijamur dan antibakteri, serta dapat menurunkan kolesterol dan mencegah pembekuan darah.

Bawang putih ditetapkan sebagai produk strategis yang produksinya harus mencukupi kebutuhan swasembada karena kebutuhan masyarakat untuk memanfaatkannya sebagai bumbu masakan dan bahan baku industri kesehatan.

Bagi Anda yang ingin menanam sendiri di rumah, berikut cara menanam bawang putih yang baik dan benar:

Tanah yang cocok untuk menanam bawang putih

Berdasarkan laman Kementerian Pertanian pada Kamis 20 Juli 2023, bawang putih tumbuh baik di daerah menengah dan tinggi. Jika ditanam di dataran tinggi, tanah yang ideal untuk tanaman bawang putih adalah tanah lempung berpasir, tekstur tanah gembur dengan pH 5,5 hingga 7.

Jika bawang putih dibudidayakan di ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut, dengan suhu 15 hingga 25 derajat, dipastikan bawang putih akan tumbuh dengan baik.

Saatnya menanam bawang putih

Bawang putih sebaiknya ditanam pada akhir musim hujan atau awal musim kemarau. Sebelum dipanen, tanaman ini tidak menginginkan kondisi yang terlalu basah atau lembab karena menyebabkan pembusukan dan menurunkan kualitas umbi.

Sehari sebelum tanam, permukaan bedengan disemprot herbisida. Tujuan dari penyemprotan herbisida adalah untuk memperlambat pertumbuhan rumput setelah benih bawang putih disemai, sehingga benih bawang putih dapat tumbuh dengan normal tanpa terganggu oleh pertumbuhan rumput disekitarnya.

Aturan menanam bawang putih

Selama proses penanaman, tanah dibasahi 1 hari sebelum tanam. Benih disemai sebanyak 1 (satu) siung pada setiap lubang tanaman dengan kedalaman 3 cm dan jarak tanam 10 cm x 10 cm atau 12,5 cm x 12,5 cm. Kemudian tutup dengan mulsa jerami setebal 5 cm dan sirami setelah ditutup dengan mulsa jerami.

Penyiangan dilakukan secara berkala tergantung kondisi pertumbuhan gulma. Gulma di parit dapat dibersihkan dengan sekop untuk menjaga bentuk bedengan.

Pada musim kemarau, siramlah dua kali seminggu. Irigasi dihentikan 12 sampai 20 hari sebelum panen. Insektisida dan fungisida disemprotkan dua kali seminggu, pada saat tanaman berumur 21-25 hari.

Insektisida dan fungisida yang ditawarkan ada 2 jenis yaitu kontak dan sistemik.

Panen bawang putih

Ciri-ciri bawang putih siap panen adalah umbi muncul dari dalam tanah, sebagian daun menguning, dan batang mulai rontok. Varietas Lumbu Hijau dapat dipanen dalam waktu 112 hingga 120 hari, sedangkan varietas Tawangmangu dapat dipanen dalam waktu 120 hingga 140 hari.

Umbi cepat layu karena umur panen yang terlalu muda, dan umbi cepat busuk jika terlalu tua. Cara memanen yang paling baik adalah dengan mencabut tanaman sekaligus membuang umbinya agar tidak merusaknya. Daftar Harga Pangan 8 Desember 2023: Kenaikan Beras dan Daging Sapi Daftar Harga Pangan 8 Desember 2023: Kenaikan Beras dan Daging Sapi goseo.id.co.id 8 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *