Cerita Bella, Wisudawan UNY Peraih IPK Tertinggi dari Jurusan Statistika

banner 468x60

JAKARTA – Salsabila Agustina merupakan mahasiswi UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) yang berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi. Bella, sapaan akrabnya, memperoleh IPK 3,93.

Bella diterima di UNY pada tahun 2019 melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) jurusan Statistika Fakultas Matematika dan Sains (MIPA).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Bella pun mengaku kaget karena selama kuliah di Jurusan Statistika UNY, ia bertemu dengan teman-teman sekelasnya dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki minat yang sama.

Baca juga: Mahasiswa Pascasarjana UNY Tak Sengaja Dibunuh Kakaknya dengan Rata-Rata 3,93

“Di hari pertama masuk universitas, saya dikejutkan oleh teman-teman sekelas saya yang tertarik pada suatu profesi. “Tentunya saya pernah bertemu dengan profesor-profesor yang mempunyai segudang ilmu untuk dibagikan kepada kita, yang masih masyarakat biasa,” ujarnya dalam laman UNY, Kamis (7/12/2023).

Tips Bella Belajar Saat Pandemi Covid-19

Bella mengaku awalnya senang saat perkuliahan dilakukan secara online di masa pandemi Covid-10 sehingga bisa belajar di rumah. Namun, terlihat jelas bahwa pembelajaran online memakan waktu lama dan semakin sulit untuk dipelajari, serta kami harus membiasakan diri dengan sistem yang baru.

“Materi perkuliahan semakin rumit sehingga saya kesulitan untuk mengikuti perkuliahan daring,” cerita Bella menceritakan pengalamannya belajar di masa pandemi.

Mahasiswa kelahiran Magelang, Jawa Tengah ini juga punya cara belajar di masa pandemi Covid-19. Bella mengaku memperhatikan analisis profesor selama perkuliahan, mencatat, dan berlatih.

Baca Juga: Mahasiswa FMIPA UNY Manfaatkan Biji Kurma untuk Identifikasi Sidik Jari Forensik

Selain itu, ia berkomunikasi dengan teman-temannya mengenai tugas-tugas tersebut untuk meningkatkan pemahamannya terhadap materi.

Seorang siswa yang aktif mengikuti berbagai kegiatan.

Profesor Nahru Rosida Budiarti, putri bungsu pengusaha Tony Efendi yang juga seorang pegawai negeri sipil, mengungkapkan, di masa pandemi, ia ikut serta dalam panitia PKKMB 2020 sebagai bagian publikasi dan dokumen.

Pada tahun 2021, Bella akan melakukan praktik kerja lapangan (PKL) di salah satu stasiun geofisika kelas I BMKG di Sleman, Yogyakarta. Data gempa didiskusikan dengan dosen pembimbing lapangan PKL dan dilakukan analisa data terkait data tersebut.

Kiprah gadis kelahiran 10 Agustus 2000 ini tak berhenti sampai di situ. Pada bulan Agustus hingga awal Oktober 2021, mengikuti short course penjaminan mutu statis program Data Kredit Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Selain itu, Bella juga pernah mengikuti panitia bakti sosial salah satu desa di Gunungkidul sebagai bagian publikasi dan dokumen. Di sini ia belajar bagaimana merancang, mendokumentasikan dan mempublikasikan kegiatan.

Kemudian pada pertengahan Oktober 2021, beliau aktif mengikuti kepanitiaan yang diselenggarakan oleh Haska JMF FMIPA UNY selaku staf PDD dengan kegiatan di bidang keagamaan. Pada November 2021, Bella mengikuti National Statistics Competition (NSC) yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *