Cerita Siska Afrina Korban Erupsi Gunung Marapi, Jenazah Baru Teridentifikasi 3 Hari Jelang Wisuda

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta – Keluarga korban letusan Gunung Marapi. merasakan penyesalan yang mendalam Sebuah gunung di daerah Akam. Provinsi Sumatera Barat Ledakan dan muncrat abu vulkanik setinggi 3.000 meter pada Minggu sore, 3 Desember 2023.

Saat kejadian, ada 75 orang yang mendaki gunung yang berada pada level 2 atau status waspada. Salah satunya Siska Afrina yang jenazahnya baru diketahui identitasnya tiga hari sebelum wisuda.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDP) Bukittinggi @bpbd.kotabukittinggi Akun resmi yang diunggah pada Rabu, Desember menulis: “Sesuai informasi yang diterima dari posko penelusuran letusan Gunung Api Marapi, Korban terakhir yang tercatat, Siska, adalah seorang perempuan.” 6 2023.

Siska menjadi korban terakhir dari 23 korban meninggal akibat letusan Gunung Marapi. Mahasiswa Universitas Negeri Padang dijadwalkan diwisuda pada 17 Desember 2023.

“Siska Afrina merupakan calon wisudawan UNP yang mendaftar dan mengisi seluruh berkas sehari sebelum berangkat mendaki Gunung Marapi,” akun @goresanluka31. Diunggah pada Kamis (12/07/2023) tulis

Perjuangannya hingga lulus tergambar dalam pengantar akhir disertasinya. Dia ditempatkan dalam masa percobaan ekstensif pada bulan November. dan kemudian menerima gelar doktor atau sarjana formal di bidang pendidikan.

Namun, takdir berkata lain. Wisuda yang semula dijadwalkan pada 9 Desember 2023 rupanya diundur menjadi 17 Desember 2023, namun nampaknya Siska akan lulus lebih dulu dari rekan-rekannya. Untuk mengenangnya, nama, foto, dan gelarnya akan dipajang di depan auditorium untuk melambangkan kepergiannya yang kekal.

Ucapan bela sungkawa pun mengalir dari para sahabat dan kenalan yang mengenalnya secara dekat, serta warganet yang berduka atas kepergiannya. Dari berbagai unggahan videonya, Siska sepertinya punya banyak teman. Salah satunya mengunggah pesan penghormatan untuk mengenang persatuan mereka.

“Tidak ada kata-kata yang lebih indah dari doa. Terima kasih telah menjadi sahabatku melalui ini. Terima kasih sudah kuat selama ini. Kamu wanita yang baik!!!” tulis salah satu temannya di akun TikTok @srilidyarahmadani. yang diunggah pada Kamis (12/07/2023)

Ia menceritakan gambaran kebersamaannya dengan Siska, termasuk percakapan terakhir mereka saat mendengar kabar Gunung Marapi meletus. Dia mengirim pesan Namun Siska tak pernah membalasnya. “Sudah saatnya kalian beristirahat dengan tenang di surga Allah.

Pesan yang diungkapkan sahabat Siska itu pun bergema di kalangan netizen. Mereka pun menunjukkan reaksi berbeda.

“Pembicaraan terakhir Kak, aku duluan. Dia membalas terima kasih, dan terima kasih sudah menjadi kakak yang kuat,” tulis warganet.

“Walaupun kita tidak saling mengenal, tapi aku merasakan sakit yang mendalam kak,” imbuh warganet.

Pada Rabu, 6 Desember 2023 pukul 21.00 WIB, total korban jiwa dalam bencana ini berjumlah 23 orang. Pejabat menyebutkan 75 pendaki tercatat mendaki salah satu puncak teraktif di Sumatera itu pada Minggu sore, 3 Desember 2023, saat ledakan terjadi.

Kantor Administrasi Khusus Padang menyebutkan, dari 75 pendaki, 49 orang langsung turun pada hari terjadinya letusan, sedangkan 26 lainnya terjebak di Gunung Marapi.

Tim penyelamat gabungan akhirnya bisa menemukan korban terakhir yang hilang pada Rabu 6 Desember 2023. Kepala Departemen Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Akam Ishwan Prathama Danda membenarkan, korban terakhir yang ditemukan tewas telah teridentifikasi.

“Semua korban telah ditemukan. Orang terakhir sudah meninggal, demikian atas perintah SAR dari rekan-rekan Bazarnas. Berdasarkan hasil rapat asesmen pertama dan temuannya, operasi SAR kami tutup,” kata Ichawan saat dihubungi, Kamis, 12/7/2023, merujuk pada keterbukaan BNPB berikut ini.Daftar korban meninggal yang teridentifikasi:

1.Muhammad Adan/21/L

2. Muhammad Teguh Amanda/19/L

3. Nasahra Adzin Mufadhol/22/L

4. Muhammad Alfikri/19/L

5. Nurwa Afitri/27/P

6. M. Wilkie Siyabutr/20

7. Divo Suhandra/26

8. Afranda Junaidi/26

9. Wahlul Alde Putra/19

10. Rahmat Hidayat Beresiko/20

11. Rehani Zahra Fadli/18

12. Filhan Alfiq Fazin/18

13.Aditya Prasayo/20

14. Yasirli Amri/20

15. Irfandi Putra/21 tahun

16.Muhammad Iqbal/23 tahun

17. Ilham Nanda Bintang/21

18. Novita Inth Saree/39

19. Otak Lango/19

20. Sigri Habibi/19

21.Lijarni/22

22.Frankaki Chandra Kusuma/23

23.Siska Afrina

BPBD Kabupaten Agam terus mengaktifkan posko tanggap darurat. Tujuan dibukanya posko tersebut adalah, jika ada parpol yang masih mencari anggota keluarganya, dapat mengoordinasikan pekerjaan lebih lanjut di posko tersebut.

“Kami akan terus mengoperasikan posko tanggap darurat dalam situasi darurat ini. Karena siapa yang tahu keluarga sedang mencari anggota keluarga atau tidak? Dapat dilihat di sini (POSCO) dengan informasi yang benar. Dan kami merekomendasikan hal itu Jika ada yang mencari, mereka bisa melakukannya. datang ke pos tersebut karena kemungkinan terjadi miskomunikasi melalui telepon,” tambah Ishwan.

BPBD juga berencana berkoordinasi dengan lembaga antarlembaga. dari lembaga yang mengelola pertanian, kehutanan, dan kesehatan untuk menangani dampak lainnya. dari letusan Gunung Marapi Dia mengimbau orang-orang di sekitarnya. Gunung Marapi melarang segala aktivitas dalam radius 3 km dari puncak.

Selain itu, masyarakat di empat kecamatan terdekat juga harus mengurangi aktivitas di luar ruangan dan menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan. 4 kecamatan bermasalah tersebut adalah Kecamatan Kan Duang, Kecamatan Su-ngai Ngua, Kecamatan Ampek Ang Kek. dan Kecamatan Malalak

Masyarakat harus tetap tenang. Jangan termotivasi oleh masalah yang menimbulkan kebingungan. dan jangan mempublikasikan informasi yang tidak dapat diverifikasi kebenarannya. Mereka harus selalu mengikuti perintah dan instruksi pemerintah setempat.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *