ChatGPT Jadi Topik Pembelajaran Paling Diminati di Udemy, Ini Alasannya

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta – Kecepatan akselerasi digital saat ini mendorong berbagai pihak untuk terus mengupayakan pembangunan. Melalui penciptaan kecerdasan buatan (AI) ChatGPT, misalnya, berbagai sektor masyarakat, termasuk wirausaha, perlu beradaptasi dengan teknologi ini dalam hal keterampilan.

Market Head Udemy Indonesia Giri Suhardi menegaskan, hingga saat ini isu ChatGPT mencapai tingkat popularitas tertinggi sebagai topik pembelajaran terpopuler di kalangan pengguna Udemy Business.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Udemy, ada pertumbuhan 60 persen khusus terkait kursus di bidang AI,” ujarnya dalam jumpa pers, Rabu (6/12/2023).

Dibandingkan dengan Q4 tahun 2022, tingkat penggunaan kursus ChatGPT di Udemy pada Q1 tahun ini meningkat sebesar 4,419 persen, menunjukkan minat siswa yang besar.

Selain itu, jumlah kursus terkait ChatGPT juga mengalami peningkatan yang signifikan, sejauh ini Udemy telah menawarkan 310 kursus dengan topik Generative AI yang setara dengan 1500 jam pembelajaran.

“Dan di Indonesia sendiri, ChatGPT pada Q2 tahun ini menjadi topik yang paling banyak digunakan di Indonesia,” tambah Giri.

Berdasarkan hasil pencatatan mereka, minat terhadap ChatGPT meningkat sebesar 142 persen pada Q2 2023 dibandingkan kuartal sebelumnya.

Sekadar informasi, lebih dari 1,8 juta pelajar di Indonesia telah mengikuti kursus terkait ChatGPT di Udemy, membuktikan popularitas topik teknologi otomasi ini di pasar pendidikan online.

Pembahasan yang paling banyak dicari pada topik ini adalah cara membuat pesanan, atau rekayasa cepat. Menurut Giri, kemampuan rekayasa cepat akan sangat berguna bagi pengguna chatbot AI OpenAI.

Pasalnya, pengguna hanya bisa mendapatkan hasil terbaik yang diinginkan dari ChatGPT melalui perintah yang efisien dan akurat. Oleh karena itu, Udemy mencoba membantu memenuhi kebutuhan ini dengan menawarkan kursus tentang topik mendetail tersebut.

ChatGPT sendiri adalah singkatan dari “Pre-trained Transformer 3”, model bahasa alami yang dikembangkan oleh OpenAI. Kemampuannya untuk membuat teks terlihat seperti teks manusia membuatnya sangat populer di kalangan pengguna Udemy Business.

Kursus ChatGPT di Udemy sendiri tersedia dalam berbagai level, mulai dari pemula hingga mahir. Oleh karena itu, topik ini juga populer di kalangan pengguna Udemy Business karena tersedianya materi yang komprehensif.

Selain ketersediaan sumber daya, kebutuhan pengetahuan mengenai topik ChatGPT juga didorong oleh kebutuhan perusahaan untuk membekali karyawan dengan keterampilan terkini.

“Jadi survei yang dilakukan IBM mengatakan bahwa 40 persen karyawan harus ditingkatkan keterampilannya setiap tiga tahun karena AI dan otomatisasi,” kata Giri.

Kursus ChatGPT di Udemy mencakup berbagai tingkat pemahaman, dari dasar hingga lanjutan. Pemula akan memahami dasar-dasar ChatGPT, sedangkan tingkat menengah akan membahas akselerasi dasar dan cara menggunakan AI untuk menghasilkan konten.

Di kelas lanjutan, pembelajaran Udemy akan mencakup topik-topik seperti alat dan fitur unik seperti ChatGPT Plus.

Kesimpulannya, ChatGPT tidak hanya menarik perhatian internasional, tetapi juga menjadi topik edukasi yang paling banyak dicari di Udemy. Ketersediaan kursus di berbagai tingkat menjadikannya pilihan ideal bagi siswa dari semua tingkat keahlian.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *