Eks Kepala Bappebti hingga Ketua ABI-Aspakrindo Jadi Tokoh Paling Berpengaruh di Industri Kripto Indonesia

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta – Coinvestasi baru-baru ini memberikan penghargaan kepada beberapa individu yang memiliki dampak atau pengaruh terbesar terhadap industri kripto dan Web3 Indonesia.

Bertajuk “Tokoh Terbaik Coinvestasi 2023”, penghargaan ini bertujuan untuk mempromosikan sektor kripto dan Web3 bekerja sama dengan regulator, industri, pendidik, dan pembuat konten.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi insentif bagi para pelaku industri untuk terus berinovasi dan menciptakan lingkungan yang sehat bagi pengguna, regulator, dan pemangku kepentingan bisnis lainnya, kata Rizqia Nur Fadhila, Direktur Coinvestas, dalam keterangannya, Rabu (3). ). ) /1/2023).

Beberapa tokoh yang dipilih di bawah ini diyakini telah membantu mengatasi tantangan industri kripto dan Web3 yang terus berkembang di bidang bisnis, teknologi, pendidikan, dan advokasi.

1. Didid Noordiatmoko, Kepala Bappebti Februari-November 2023

Didid Noordiatmoko menjabat sebagai kepala operasional Bappebti sejak April 2022 hingga Januari 2023 dan menjadi kepala operasional Bappebti secara de facto pada Februari hingga Oktober 2023.

Pada masa kepemimpinannya, ia berhasil memenuhi tujuan penyelesaian “ekosistem kripto” di Indonesia dengan meluncurkan pertukaran, kliring, dan penyimpanan kripto pada Juli 2023.

Ia juga berperan dalam aturan Perba 13/2023 terkait perubahan pelaksanaan kegiatan usaha melalui perubahan batasan keuangan untuk memastikan pengalihan hingga pembatalan transaksi.

Setelah itu terbitlah Perba 4/2023 yang mendaftarkan 501 mata uang kripto sebagai aset di Indonesia sehingga bisa diperdagangkan secara sah di bursa kripto yang terdaftar di Bappebt.

2. Robby Bun, Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia dan Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (ABI-Aspakrindo) dan CCO Reku.

Robby Bun akan memegang peranan penting di sisi manajemen dan bisnis sepanjang tahun 2023. Robby juga memiliki banyak sisi dalam mengadvokasi undang-undang blockchain dan perdagangan mata uang kripto di Indonesia dan pemerintah.

Hal ini juga mempromosikan upaya pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan industri tentang teknologi blockchain dan aset kripto, membangun kolaborasi yang lebih erat dengan pemangku kepentingan industri.

Sebagai CCO Reku, Robby sukses mendorong timnya untuk menghadirkan franchise berlisensi pertama di Indonesia, menyelenggarakan acara literasi Reku Roadshow dan resmi terdaftar sebagai wirausaha produk kripto pertama di Nusantara Commodity Exchange atau CFX.

3. Asih Karnengsih, Direktur Utama ABI-Aspakrindo

Sebagai CEO ABI-Aspakrindo, Asih Karnengsih berperan penting dalam memberikan edukasi penggunaan teknologi blockchain di Indonesia.

Asih juga aktif terlibat dengan pemerintah dan sektor swasta untuk membangun ekosistem kripto dan blockchain yang positif di Indonesia.

4. Subani, Presiden Direktur Pelaksana CFX

Subani merupakan Commodity Futures Exchange (CFX) terkemuka atau dikenal juga dengan nama Bursa Kripto Indonesia. CFX merupakan salah satu ekosistem kripto Indonesia yang berperan dalam menciptakan lingkungan perdagangan kripto yang aman dan andal.

CFX bertujuan untuk menjadi bursa pertama di dunia yang menunjukkan kepemimpinan dan inovasi dalam menciptakan lingkungan yang aman untuk perdagangan kripto.

Pencapaian ini penting untuk meningkatkan kepercayaan pengguna dan mempromosikan penggunaan kripto di seluruh dunia

Di bawah kepemimpinan Yudhono Rawis, Tokocrypto mengalami pertumbuhan yang signifikan, mempertahankan posisinya sebagai salah satu bursa kripto terkemuka di Indonesia dengan kepemilikan saham sebesar 43%.

Yudho juga telah menunjukkan komitmen terhadap pendidikan dan literasi kripto, dengan berinvestasi sekitar $70,000 pada tahun 2023.

Tokocrypto disebut-sebut menghasilkan pendapatan terbesar, melampaui Rp 45 miliar pada Januari hingga Mei 2023.

Selain itu, Yudho secara aktif mempromosikan pembelajaran dan adopsi Web3 / Blockchain / kripto melalui acara bersama dengan komunitas, universitas, dan mitra.

6. William Sutanto, Pendiri BlockDev dan CTO Indodax

William mendirikan BlockDev pada tahun 2023, sebuah platform yang didedikasikan untuk mengembangkan komunitas inti pengembang web3.

Sebagai bagian dari proyek ini, BlockDev juga berhasil menyelenggarakan acara seperti W3W dan W3.AI, yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem web3.

Sembari melakukan sharing ilmu, William juga mengikuti berbagai acara edukasi di institusi seperti SGU dan Binus, berkolaborasi dengan organisasi seperti Indonesia Blockchain Association, Coinvestasi, Kunci, AAG dan lain-lain.

7. Arief Widhyasa, CEO Mythic Protocol

Selama masa pemulihan dari musim dingin kripto tahun 2022, Arief dan tim Mythic Protocol akan terus melaksanakan dan meningkatkan proyek peningkatan game Web3 mereka.

Pada tahun 2023, ia dan timnya berhasil mengumpulkan investasi awal sebesar $6,5 juta (sekitar 99,8 miliar), dipimpin oleh Alpha JWC Ventures dan Shima Capital.

Uang tersebut akan digunakan untuk membangun lingkungan hiburan interaktif, menggabungkan teknologi seperti blockchain, kecerdasan buatan, dan video game. Perusahaan berencana meluncurkan produknya di seluruh dunia, dengan fokus pada pasar Amerika pada tahun 2024.

Sejak tahun 2023, pendiri Parallax telah terlibat dalam penelitian khusus, desain, dan pengembangan berbagai jenis aplikasi (Dapps) yang melayani kasus penggunaan berbeda.

Kedua, upaya signifikan sedang dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang Regenerative Web3, sehingga berkontribusi pada kesadaran dan pemahaman yang lebih besar.

Parallax juga bertujuan untuk membantu produsen lokal dengan memberikan mereka kesempatan untuk berpartisipasi secara global.

9. Stephen Budiman Ng, CEO Nusameta

Selama tahun 2023, Stephen Budiman dan tim telah berhasil menjalin beberapa kemitraan untuk proyek Nusameta.

Di antaranya kemitraan ekuitas Salim Group dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang fokus pada pendidikan tinggi di 10 kota, serta perjanjian kerja sama dengan enam negara dan 15 institusi pendidikan.

Nusameta juga meluncurkan Creator Tools yang menciptakan ekosistem dinamis untuk membantu pengembangan teknologi metaverse.

Pencapaian Stephen menyoroti kontribusinya yang signifikan dalam mendorong kolaborasi, memajukan pembelajaran, dan mendorong inovasi dalam metaverse yang terus berkembang.

10. Budi, pendiri IDNFT

IDNFT adalah komunitas NFT yang berbasis di Indonesia yang fokus menjembatani kesenjangan antara industri dan pengguna NFT.

Sepanjang tahun 2023, Budi dan tim akan aktif memberikan pelatihan mengenai NFT, Web3 dan Blockchain, serta dilaksanakan di 10 kampus besar.

Coinvestasi juga memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh industri kripto dan Web3 yang turut berkontribusi terhadap pertumbuhan industri kripto di Indonesia.

– Hasan Fawzi (Dewan Komisioner OJK)

– Kasan (PLT Bappebti mulai Oktober 2023)

– Lifedoory Hatumessen (salah satu pendiri dan COO Qolaq

– Robby Jeo (CEO Komunitas)

– Jagad Marcelleno (CEO Mindblown Universe)

– Joshua Budiman (Salah Satu Pendiri Sekuya)

– Angga Andinata (Pendiri BelajarBitcoin)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *