Fitur Tersembunyi Ini Bikin Mitsubishi XForce Lebih Bertenaga, Belum Banyak yang Tahu

banner 468x60

Liputan6.com, Semarang – Mitsubishi XForce telah diluncurkan di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2023. Mulai Desember 2023, Mitsubishi

“Dari 5.500 unit yang dipesan, sekitar 900 unit sudah terkirim ke pelanggan pada November 2023,” kata Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Tetsuhiro Tsuchida dalam XForce Infinite Media Xcite. Adventure Conference 2023 di Semarang, Kamis (7/12/2023).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Dalam acara tersebut Liputan6.com berkesempatan menjajal Mitsubishi XForce di jalanan menantang dari Solo hingga Semarang. Selain dibekali empat mode berkendara antara lain Normal, Wet, Gravel dan Mud yang bisa dipilih sesuai kondisi jalan, menunjukkan ada 1 lagi fitur Mitsubishi XForce yang belum banyak diketahui.

Fitur tersebut adalah Driving Sports (DS) berupa tombol yang terpasang di tuas. Saat melaju di jalan raya dalam mode normal, mesin SUV ini terasa sedikit lamban. Namun begitu tombol DS diaktifkan, kemampuan XForce langsung terasa lebih terbuka.

“Saat dalam mode DS, transmisi dikontrol agar merespon dengan cepat,” kata Departemen Perencanaan PT MMKSI Ngabehi Marzuq.

Saat tombol DS ditekan, transmisi otomatis XForce tidak akan berpindah gigi kecuali mencapai rpm atas. Dengan cara ini perpindahan gigi berikutnya terasa lebih cepat tanpa penundaan.

Mitsubishi XForce menggunakan mesin DOHC 1.499cc yang dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT. Mesin ini menghasilkan tenaga 77 kW atau sekitar 103 hp dan torsi 141 Nm.

Beragam fitur dibenamkan pada Mitsubishi XForce, dan yang menjadi highlight tentu saja pada 4 mode berkendara yaitu Normal, Wet, Gravel dan Mud. Uniknya, karena teknologi yang diciptakan dan logo yang menjadikan ketiga berlian tersebut tidak ditemukan pada SUV lain sekelasnya.

Faktanya, mode berkendara 4×4 pada Mitsubishi XForce tidak bisa dibandingkan dengan mode berkendara 4×4 pada Pajero Sport. Meski begitu, teknologi ini bisa dikatakan memiliki beberapa fungsi yang serupa, yaitu bisa digunakan di jalan yang terdapat genangan air, jalan berkerikil, atau berlumpur.

Tertarik dengan performa dan performa 4 mode berkendara Mitsubishi XForce, Liputan6.com melakukan 3 kali test drive di jalur uji coba. Pada bagian pertama, Mitsubishi

Tahap kedua, mode berkendara diubah menjadi basah untuk melewati saluran air saat hujan. Caranya juga sederhana, cukup gerakkan tuas pada konsol kecil tersebut ke atas atau ke bawah. Posisi tuas mode berkendara juga mudah dijangkau saat berkendara.

Memutar lintasan dengan mode basah, lalu memutari trek kembar dengan mode kerikil, dan melakukan slalom lagi di lintasan basah dengan mode basah, semuanya dapat dilakukan tanpa kesulitan apa pun.

Data pengujian, saat cuaca berubah menjadi basah atau berkerikil, kemudi terasa lebih berat sehingga gripnya lebih baik. Oleh karena itu, saat melaju di trek berbeda dengan kecepatan rata-rata 40 hingga 70 km per jam, tidak ada bekas ban atau bekas ban.

Pada pengujian bagian ketiga, Liputan6.com mencoba berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam di jalan lurus. Pergantian gigi terasa sangat mulus dan jeda antar rasio gigi pun mulus.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *