Geger Atmosfer Hijau Selimuti Planet Tetangga Bumi

banner 468x60

goseo.id Tekno – Studi terbaru Badan Antariksa Eropa (ESA) mengungkap atmosfer hijau misterius yang mengingatkan kita pada aurora yang mewarnai langit malam di Mars. Untuk pertama kalinya, fenomena ini terdeteksi oleh ExoMars Trace Gas Orbiter (TGO) milik lembaga tersebut.

Dalam laporan LiveScience Kamis 23 November 2023, fenomena tersebut disebut aurora atau dayglow atau nightglow – tergantung waktunya – sama seperti aurora yang terjadi di Bumi. Namun kemiripan antara cahaya hijau yang kita lihat di Mars dan cahaya yang kita lihat di Cahaya Utara di Bumi adalah dua hal yang berbeda.

Menurut ESA, cahaya malam yang terjadi di Mars tercipta ketika dua atom oksigen bersatu membentuk molekul oksigen pada ketinggian sekitar 50 km. Berbeda dengan fenomena aurora di utara Bumi yang terjadi ketika partikel bermuatan Matahari bertabrakan dengan medan magnet Bumi.

Para ahli menjelaskan bahwa pengamatan baru yang tidak terduga ini dapat membuka kemungkinan eksplorasi Mars di masa depan. Dengan mempelajari cahaya malam Mars, memahami proses atmosfer planet juga dapat membantu merancang pesawat ruang angkasa dan merencanakan misi membangun satelit di masa depan.

“Deteksi jarak jauh terhadap emisi ini adalah alat yang sangat baik untuk menyelidiki komposisi dan dinamika atmosfer bagian atas Mars antara 40 dan 80 km [25 hingga 50 mil],” kata Benoit Hubert, peneliti di Laboratorium Fisika Planet dan Atmosfer (LPAP) . ). di Universitas Liège.

“Area ini tidak dapat diakses dengan metode pengukuran komposisi langsung menggunakan satelit,” tambahnya.

Sebelumnya, para ilmuwan menduga Mars sebenarnya memiliki emisi udara yang bertahan sekitar 40 tahun. Namun fenomena ini hanya terdeteksi pada cahaya tampak menggunakan TGO ESA, yang hasilnya kemudian dipublikasikan pada 9 November di jurnal Nature Astronomy.

ESA sendiri merencanakan pengamatan lebih lanjut menggunakan Global Imaging Camera, dengan emisi yang dianggap cukup kuat untuk diamati oleh astronot masa depan yang mengorbit di permukaan Mars. (Chasna Alifia Sya’bana) Planet tetangga Bumi akan menghilang selama dua minggu. Planet Mars akan menghilang secara misterius dari langit malam Bumi selama dua minggu penuh mulai Sabtu depan, 25 November 2023. Hal ini disebabkan oleh fenomena ilmiah. goseo.id.co.id 24 November 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *