Geger, Harta Karun Triliunan Rupiah Ditemukan, Siap Diangkat dari Laut

banner 468x60

goseo.id Tekno – Belum lama ini, salah satu misteri laut bernama “Holy Grail of Shipwerck” akan segera terangkat dari dasar Laut Karibia. Harta karun yang ditemukan di dua bangkai kapal bersejarah Karibia akan dikembalikan atas perintah pemerintah Kolombia.

Pada Jumat, 10 November 2023, Oddity Central melaporkan, kapal Spanyol San Jose diyakini tenggelam lebih dari tiga abad lalu. Kapal tersebut diketahui membawa kekayaan sekitar 200 ton yang terdiri dari emas, perak, dan zamrud.

Presiden Kolombia Gustavo Petro juga mengatakan bahwa pemindahan puing-puing adalah salah satu prioritas pemerintah. Ia bahkan ingin menyelesaikan misi tersebut sebelum masa amanahnya berakhir pada tahun 2026.

Menteri Kebudayaan Juan David Correa juga menyampaikan pesan serupa yang mendesaknya mempercepat proses penggusuran.

Menurut sumber yang sama, kapal karam ini diketahui sudah lama dicari dan akan segera ditarik dari dasar laut. Namun seiring dengan diangkatnya puing-puing tersebut, ditemukan pula harta karun yang diperkirakan bernilai hingga $20 miliar atau sekitar Rp312 triliun.

Qhara Qhara, warga Spanyol dan penduduk asli Bolivia, mengatakan bahwa kekayaan ini adalah milik mereka, yang disita dari nenek moyang mereka. Selain itu, perusahaan yang menemukan bangkai kapal pertama pada tahun 1981 mengajukan klaimnya.

Namun pada tahun 2015, Angkatan Laut Kolombia mengklaim telah menemukan kapal Spanyol di dekat pelabuhan Cartagena di pantai Karibia. Faktanya, San Jose ditemukan oleh tim penyelam Angkatan Laut hampir 3.100 kaki di bawah permukaan laut.

Setelah penemuan puing-puing tersebut, Presiden Kolombia Juan Manuel Santos berpidato di depan publik. Ia juga mengatakan bahwa harta karun tersebut merupakan harta paling berharga yang pernah ditemukan sepanjang sejarah umat manusia.

Tahun lalu, gambar bangkai kapal yang diambil oleh penyelam angkatan laut menunjukkan bahwa kapal tersebut masih dalam kondisi prima. Selain itu, bangkai kapal tersebut telah tergeletak di dasar laut selama lebih dari tiga ratus tahun.

Pakar maritim terkemuka menjuluki kapal ini sebagai “Cawan Suci Bangkai Kapal” karena dianggap memiliki makna sejarah, yang dapat menjelaskan lanskap politik, sosial, dan ekonomi pada awal abad ke-18. Prabowo bertekad memberantas korupsi agar masyarakat bisa menikmati kekayaan RI Calon presiden pertama, Prabowo Subianto menegaskan tekadnya memberantas korupsi di Indonesia jika memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) 2024. goseo.id.co.id 3 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *