GOTO Angkat Bicara Terkait Potensi Kemitraan Bersama TikTok

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta – Manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) angkat bicara soal kabar kerja sama dengan Bytedance Ltd atau TikTok.

Sekretaris Jenderal PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk R.A Koesoemohadiani, merujuk pada keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (12/8/2023), mengatakan pihaknya memahami berbagai informasi yang beredar di masyarakat dan menimbulkan rumor. . dikatakan. Tentang rencana kerja sama antara perseroan, PT Tokopedia dan Bytedance Ltd atau TikTok.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Ia ingin menjelaskan, berbagai diskusi tengah dilakukan antara perseroan dengan PT Tokopedia dan TikTok terkait kemungkinan kerja sama bisnis online di Indonesia.

Namun sampai dengan tanggal surat ini, belum ada keputusan akhir atau kesepakatan antara para pihak dan pembahasan masih berlangsung, tulisnya dalam surat yang disampaikan BEI kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rilis berita dari BEI. , 6-7 Desember 2023 Siaran Pers BEI, Jumat 8 Desember 2023.

“Perusahaan akan selalu mematuhi peraturan yang berlaku, termasuk POJK No. 31 dan Kontrol BEI No. I-E, dan apabila memiliki informasi material mengenai kemitraan atau langkah-langkah penting organisasi, maka akan mengungkapkan informasi tersebut kepada publik,” ujarnya. Sebelum mereka berdua berangkat kerja. Sehari setelah acara.

“Perusahaan ingin semua pihak tidak mengandalkan informasi yang belum diungkapkan secara resmi oleh perusahaan,” ujarnya.

Koesoemohadiani mengatakan tidak ada dampak negatif terhadap operasional, keuangan, dan posisi hukum perseroan.

Menanggapi pertanyaan BEI mengenai akuisisi saham GOTO oleh ByteDance Ltd, manajemen GOTO mengatakan tidak ada rencana untuk mengakuisisi saham perusahaan tersebut dengan ByteDance Ltd atau TikTok.

“Perusahaan tidak memiliki rencana untuk menjual atau menerbitkan saham apa pun kepada ByteDance Ltd atau TikTok,” tulis perusahaan tersebut.

Perusahaan juga menyatakan tidak berencana mengakuisisi lebih dari 50% saham GOTO atau menjual saham GOTO dan perusahaan kepada pihak mana pun.

Pada penutupan perdagangan saham Jumat 8 Desember 2023, harga saham GOTO naik 13,68% ke Rp 108 per saham. Saham GOTO dibuka 2 poin pada harga Rp. 97 per saham.Harga saham GOTO memiliki harga tertinggi Rp 110 dan harga terendah Rp 94 per saham. Total volume perdagangan sebanyak 70.013 kali dan volume perdagangan sebanyak 130.504.456 lembar saham. Nilai perdagangan saham harian sebesar Rp 1,3 triliun.

Diberitakan sebelumnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) telah menanyakan lebih detail kepada PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengenai rencananya bekerja sama dengan TikTok, anak usaha ByteDance Ltd. TikTok dikabarkan berencana berinvestasi di Tokopedia untuk layanan belanja online-nya.

Direktur Pemeringkatan Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan hingga saat ini belum ada informasi dari GoTo Gojek Tokopedia.

“Sejauh ini belum ada informasi dari perseroan. Pihak bursa sudah mengajukan permintaan informasi mengenai hal tersebut,” kata Nyoman kepada wartawan, Kamis (12/7/2023).

Ia melanjutkan, BEI masih menunggu tanggapan dari GOTO terkait langkah kerja sama tersebut. Oleh karena itu, perkembangan informasi mengenai perusahaan dapat dicek melalui website www.idx.co.id.

Terkait pemberitaan media mengenai PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan ByteDance Ltd. (Tiktok), pasar sudah meminta informasi atas pemberitaan tersebut dan masih menunggu tanggapan dari pihak perusahaan, ujarnya.

Seperti diberitakan, TikTok telah setuju untuk berinvestasi di unit GoTo Group di Indonesia dan bekerja sama dengan layanan belanja online untuk membangun sistem e-commerce luar negeri untuk ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Layanan video milik Tiongkok ini secara luas telah setuju untuk bermitra dengan Tokopedia milik GoTo di beberapa wilayah daripada bersaing langsung dengan platform Indonesia.

Menurut Yahoo Finance, rincian lebih lanjut tentang kemitraan GoTo Group dengan TikTok diperkirakan akan diumumkan pada awal minggu depan.

Meskipun kedua perusahaan telah mencapai kesepakatan informal, rincian akhir merger sedang diselesaikan dan mungkin berubah sebelum diumumkan. Dia menambahkan, kesepakatan itu masih menunggu persetujuan regulator dan belum bisa diselesaikan.

Investasi di Tokopedia ini akan menjadi investasi pertama di TikTok Store, cabang layanan video ByteDance yang berkembang pesat dan membuat terobosan dalam belanja online dari Amerika hingga Eropa.

Tujuan utama ByteDance adalah menghidupkan kembali layanan belanja online di sektor ritel terbesar di Asia Tenggara. TikTok, satu-satunya platform yang terkena dampak langsung peraturan baru di Jakarta, telah menghentikan pembelian online untuk mematuhi pembatasan.

Indonesia merupakan pasar pertama dan terbesar bagi TikTok Store. Perusahaan ini meluncurkan layanannya di Indonesia pada tahun 2021 dan, melihat kesuksesan langsung di kalangan konsumen muda pecinta video, telah berekspansi ke pasar lain, termasuk Amerika Serikat (AS).

Bagi GoTo, perusahaan internet terbesar di Indonesia, kesepakatan dengan TikTok bisa berisiko karena akan membantu pesaing ritel terbesarnya beroperasi di negara tersebut. Namun hal ini juga akan menjadikan GoTo sebagai mitra media sosial global utama dalam kesepakatan yang dapat meningkatkan volume pembelian, peralatan, dan pembayaran bagi kedua perusahaan.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *