Grup Neraka Piala Dunia U-17, Timnas Brasil atau Inggris yang Berkuasa?

banner 468x60

goseo.id – Piala Dunia U-17 2023 akan digelar dalam waktu dekat. Grup C yang berstatus Grup Neraka ini akan mempertemukan dua tim terbesar dunia yakni Brasil dan Inggris. Siapa yang akan berhasil mengurapi dirinya sendiri sebagai pemimpin kelompok neraka?

Pesepakbola internasional Mohamad Kusnaeni memprediksi Brasil akan muncul sebagai pemimpin grup neraka. Pasalnya Brasil merupakan juara bertahan Piala Dunia U-17.

Tak hanya itu, tim Samba juga diperkuat talenta-talenta muda bertalenta seperti Kaua Elias dan Rayan yang banyak berjasa membantu Brasil menjuarai CONMEBOL Sudamericano U-17 tahun 2023.

Brasil punya gelar yang harus dipertahankan dan pemainnya selalu bagus, kata Kusnaeni atau yang akrab disapa Bung Kus saat diwawancarai wartawan.

Sedangkan Inggris, menurut Kusnaeni, tidak memiliki komposisi pemain yang istimewa dibandingkan skuad juara Piala Dunia U-17 2017.

Saat itu, Inggris dipenuhi pemain-pemain berbakat seperti Phil Foden, Jadon Sancho, Conor Gallagher, dan Emile Smith Rowe, yang kini bermain untuk klub-klub Liga Inggris seperti Manchester City, Manchester United, Chelsea, dan Arsenal.

Namun sistem kompetisi profesional menjadi nilai plus bagi Inggris agar lebih siap secara fisik, mental, dan gagah berani menghadapi Piala Dunia U-17. Dengan faktor tersebut, menurut Kusnaeni, Inggris berpeluang besar finis di peringkat kedua Grup C.

“Meski para pemain saat ini tidak sebaik saat menjuarai Piala Dunia 2017, namun pada dasarnya mereka tetap sama. “Inggris punya peluang untuk maju bersama Brasil,” kata Kusnaeni.

Meski sempat memprediksi Brasil akan menjadi juara grup neraka, Kusnaeni tak begitu yakin tim Samba bisa menjuarai turnamen ini dengan mudah.

“Persaingan di Piala Dunia U-17 sangat ketat karena levelnya global. Jadi menurut saya apapun bisa terjadi di turnamen ini,” ujarnya.

Di tempat lain, pelatih Brasil U-17 Phelipe Leal mengingatkan anak asuhnya untuk tetap menjaga semangat juang. Dengan demikian, target mempertahankan status sebagai juara bertahan masih terbuka.

“Ini adalah tim dengan ambisi besar untuk menang dan mentalitas itu membawa Anda lebih dekat pada pencapaian kecil. Ini sangat penting dalam kompetisi seperti Piala Dunia,” kata Phelipe Leal di situs resmi CBF.

Di Grup C, Brasil dan Inggris juga akan bersaing dengan Iran dan Kaledonia Baru untuk memperebutkan satu tempat di babak 16 besar. Iran telah berpartisipasi di Piala Dunia U-17 sebanyak lima kali, sedangkan Kaledonia Baru telah berpartisipasi dua kali.

Pada laga pertama babak penyisihan grup, Brasil akan menghadapi Iran, sedangkan Inggris akan menghadapi Kaledonia Baru. Kedua pertandingan tersebut akan dimainkan di Jakarta International Stadium (JIS) pada 11 November.

FYI, JIS punya 82 ribu kursi untuk penonton. Dengan kapasitas tersebut, JIS mempertahankan posisi sebagai stadion terbesar di Indonesia.

Keistimewaan lainnya adalah JIS didesain seperti stadion-stadion di Benua Biru, dimana para suporter bisa menyaksikan pertandingan dari dekat karena tidak adanya lintasan olahraga. Stadion ini juga menggunakan sistem atap buka tutup otomatis (retractable roof).

Timnas Brazil telah tiba di Jakarta dan mengunjungi JIS. Phelipe Leal sangat terkesan dengan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

“Ini sangat gila. Ini pertama kalinya saya ke Indonesia, awalnya saya tidak sempat memikirkan di stadion mana kami akan bermain. Saya tidak berpikir mereka memiliki persiapan hosting yang tepat. Namun saya melihat Indonesia punya keseriusan yang kuat, ujarnya belum lama ini. Janji Anies Baswedan akan bangun 10 stadion berstandar internasional, salah satunya di Banjarmasin Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan berjanji, jika terpilih pada Pilpres 2024, ia akan membangun stadion berstandar internasional di 10 kota. Salah satunya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan goseo.id.co.id 5 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *