Hidup dengan Mengontrak Rumah Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Masa Iya?

banner 468x60

goseo.id Edukasi – Masyarakat perkotaan identik dengan pilihan sewa tempat tinggal. Selain menghemat biaya, menyewa rumah menjadi solusi kendala finansial. Namun siapa sangka di balik sisi positif menyewa rumah, ternyata ada dampak kesehatan mengejutkan yang dialami.

Laporan Atlas Baru, Senin 16 Oktober 2023, Sebuah studi baru yang dilakukan para peneliti di Universitas Adelaide di Australia Selatan mengungkapkan bahwa menyewa rumah secara pribadi dikaitkan dengan penuaan biologis atau penuaan dini yang lebih cepat.

Peneliti berpendapat bahwa secara biologis, seseorang yang menyewa rumah mungkin terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Hal ini terlepas dari usia kronologis mereka yang dihitung berdasarkan tanggal dan tahun lahir mereka. Studi ini menyoroti hubungan antara perumahan penyewa dan kesehatan.

Para peneliti menggunakan data survei sosial dan informasi epigenetik, yang mengukur metilasi untai DNA, untuk memahami bagaimana perumahan mempengaruhi kesehatan. Metilasi DNA adalah perubahan kimiawi pada DNA yang dapat dipengaruhi oleh perilaku dan lingkungan tanpa mengubah kode genetik.

Penelitian ini melibatkan 1.420 responden dari British Household Longitudinal Study dan British Household Panel Survey. Para peneliti mempertimbangkan berbagai elemen perumahan seperti kepemilikan tanah, jenis bangunan, dukungan dana dari pemerintah, dan lokasi perumahan.

Faktor psikososial seperti biaya perumahan, tunggakan pembayaran, dan kepadatan penduduk juga dipertimbangkan.

Dalam penelitian yang juga diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Public Health ini, para peneliti mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi penuaan biologis. Mulai dari jenis kelamin, pendidikan, status sosial ekonomi, pola makan, stres, kesulitan keuangan, berat badan, dan merokok.

Hasilnya menunjukkan bahwa penyewa mengalami penuaan biologis lebih cepat dibandingkan pemilik rumah. Dampaknya hampir dua kali lipat dibandingkan pengangguran dan 50% lebih tinggi dibandingkan mantan perokok.

Namun, perlu dicatat bahwa tinggal di perumahan umum, dengan biaya rendah dan keamanan yang lebih baik, tidak berdampak signifikan terhadap penuaan biologis, meskipun biasanya membawa stigma sosial tertentu. Kematian Siswa SMK Terduga Korban Rudapaksha di Medan, Ayah Ungkap Kondisi Terakhir Anak Seorang siswa SMK berusia 15 tahun ditemukan tewas dalam kondisi mengenaskan di Medan. Dia disebut-sebut menjadi korban pemerkosaan paksa di rumah kos. goseo.id.co.id 5 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *