Hiu Putih Besar vs Paus Pembunuh, Siapa Predator Nomor 1 di Laut?

banner 468x60

Afrika Selatan – Hiu putih besar dianggap berada di puncak rantai makanan. Namun video dan foto drone terbaru telah mengubah hal itu. Terutama ketika sekelompok paus pembunuh menyudutkan hiu dan mencabik-cabiknya.

Rekor ini dibuat di Afrika Selatan. Sebuah tim ilmuwan telah merekam rekaman udara pertama dari sekelompok paus pembunuh yang berburu dan membunuh hiu putih besar dalam pembunuhan besar-besaran selama satu jam menggunakan helikopter dan drone.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Memo ini kemudian diterbitkan di Ecology, jurnal Ecological Society of America, yang mengamati konflik antara dua predator laut besar ini secara lebih rinci.

Kecerdasan paus pembunuh membuat hiu putih besar tidak berdaya. Foto: Ist

Ahli biologi kelautan telah lama mengetahui bahwa paus pembunuh dapat menyerang hiu putih besar, jelas penulis utama Alison Towner, ilmuwan hiu senior di Academy of Ocean Mechanics di Gansbaai, Afrika Selatan. Namun, ini pertama kalinya dia muncul di depan kamera.

“Perilaku ini belum pernah diamati secara mendetail, apalagi jika dilihat dari udara,” kata Towner.

Hingga saat ini, baru dua paus pembunuh Afrika Selatan yang dipastikan terlibat dalam perburuan hiu putih besar, dan hanya satu di antaranya yang tercatat bersama empat paus pembunuh lainnya.

Dua kali selama pembuatan film, paus pembunuh dengan hati-hati mendekati hiu tersebut.

Alih-alih melarikan diri, hiu itu malah berdiri di samping paus dan menatap. Ini adalah strategi umum yang digunakan anjing laut dan penyu untuk menghindari hiu.

Namun, peneliti mengatakan metode ini mungkin tidak efektif melawan hiu karena paus pembunuh berburu secara berkelompok.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *