HK Pastikan Infrastruktur Tol Trans Sumatera Dongkrak Ekonomi Daerah

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta PT Hutama Karya (Persero) menegaskan bahwa Jalan Tol Trans Sumatera merupakan sarana penting yang akan menunjang dan meningkatkan perekonomian Pulau Sumatera.

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto menyatakan Tol Trans Sumatera merupakan sarana penting dalam kegiatan BUMN Talk bertajuk “Stimulus Jalan Tol Trans Sumatera untuk Perekonomian Sumatera” terlihat dari peran lembaga penyiaran. kesatuan antar wilayah di Sumatera.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Keterhubungan antar wilayah di Sumatera sangat penting, sehingga pada tahun 2015 pemerintahan Presiden Jokowi mengumumkan bahwa jalan Sumatera ini harus ada, harus dibangun,” kata Budi Harto.

Menurut Budi Harto, keberadaan jalan Trans Sumatera akan mendorong pembangunan perekonomian di Pulau Sumatera ke depan, karena akses antar wilayah akan semakin mudah, efisien dan efektif.

“Penambahan jalan tol di Sumatera tidak layak secara finansial (dari segi keuntungan), jadi (jadi membangun jalan tol itu) proyek pemerintah, tapi dari segi ekonomi (perbaikan) sangat mungkin, bisa menopang perekonomian. Pertumbuhan Sumatera,” ujarnya.

Sarman Simanjorang, Wakil Direktur Jenderal Otonomi Kadin Indonesia, mengatakan pembangunan Tol Trans Sumatera merupakan hal yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat Sumatera.

Pulau Sumatera membutuhkan metode pembayaran untuk menjangkau lebih dari 58 juta orang, yaitu sekitar 21,66 persen penduduk Indonesia.

“Kemudian yang terpenting adalah produk-produk berkualitas tinggi dari Sumatera juga banyak dikirim ke luar Sumatera atau diekspor ke luar negeri. Kita sebagai pengusaha melihat bahwa dampak dari pembangunan Tol Trans – Sumatera ini sangat penting dalam hal perekonomian, tambahnya, lalu lintas di wilayah tersebut semakin meningkat.

Keberadaan tol ini juga diyakini akan meningkatkan perdagangan antar daerah dan pulau di Pulau Sumatera, serta pariwisata dan diversifikasi tidak diragukan lagi akan semakin berkembang karena setiap daerah akan dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Artinya, karena perjalanannya singkat maka mobilitas ekonomi akan meningkat signifikan, apalagi jika dihubungkan dengan Aceh nantinya, ”ujarnya.

Pengamat transportasi, Joko Setijovarno mengatakan, keberadaan tol Trans Sumatera berdampak signifikan terhadap pengurangan waktu tempuh.

“Sehingga meningkatkan jumlah pemudik (dari dan ke Sumut), baik orang maupun barang,” ujarnya.

Jika jalur Trans Sumatera tidak ada, dibutuhkan waktu 4-5 hari dari Aceh ke Lampung lalu ke Pulau Jawa. Namun dengan infrastruktur jalan tersebut, waktu yang dibutuhkan lebih singkat, hanya sekitar 30 jam untuk jarak 1.900 km dari Aceh hingga Lampung.

Wakil Direktur BUMN LM FEB UI Toto Pranoto mengatakan, pemberlakuan Jalan Trans Sumatera dapat mempercepat pertumbuhan PDB Pulau Sumatera yang akan mencapai sekitar 22 persen pada tahun 2020.

“Saya kira dengan adanya Tol Trans Sumatera maka wilayah Sumatera akan mampu berkembang pesat. Dengan adanya Tol Trans Sumatera maka peningkatan konektivitas akan menjadi suatu hal yang luar biasa,” ujarnya.

Apabila seluruh sistem dari ujung selatan Sumatera hingga ujung utara tersambung, diperkirakan dapat memperkuat upaya daerah dalam meningkatkan perekonomian.

“Apalagi sudah jelas akan ada penurunan harga produk, kalau kita bawa data Kementerian PUPR tahun 2022 diperkirakan bisa turun 20-30 persen, kenapa bisa, karena waktu tempuh otomatis lebih cepat sehingga lebih nyaman,” ujarnya.

Dan dengan adanya jalan trans sumatera akan lebih hemat bahan bakar dan hal-hal lain yang berhubungan dengan operator kendaraan, karena jalan yang bagus bagus dan waktu tempuh yang singkat akan mengurangi biaya tenaga logistik dan biaya perawatan kendaraan.

Kemudian dari sisi penciptaan lapangan kerja, menurut kajian PUPR, yang bekerja di jalan Trans Sumatera hampir menyerap lebih dari 670.000 orang, yang terbesar didominasi oleh industri konstruksi yang mencapai 560.000 orang di sektor jasa dan perdagangan. ,” kata Toto.

Dari sisi bisnis juga akan banyak pihak yang dapat memanfaatkan keberadaan jalan Trans Sumatera untuk menjalankan aktivitasnya, dan yang lebih penting lagi keberadaan jalan ini juga akan membantu meningkatkan nilai properti. di Sumatera. .

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *