Ingin Berhenti Merokok tapi Gagal Terus, Bagaimana Cara yang Efektif?

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sudah berpikir untuk berhenti merokok, ini adalah langkah yang baik. Namun jika Anda sudah mencobanya dan ternyata Anda menikmati merokok, Anda perlu memperhatikan niat dan komitmen Anda.

“Cara terbaik berhenti merokok adalah niat dan komitmen,” kata Agus Dwi Susanto, dokter spesialis paru dan CEO RS Persahabatan Jakarta.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Salah satu cara untuk membantu keluar dari perangkap tembakau adalah dengan mengunjungi dokter atau klinik berhenti merokok.

Langkah pertama yang diambil penyedia layanan untuk membantu pasien adalah menanyakan apakah mereka ingin berhenti merokok. Kemudian petugas medis akan memahami maksud pasien.

“Bisa dibilang skor niatnya 0 sampai 10. Kalau skor niatnya 10 bagus, kalau skor niatnya 8 bagus, tapi kalau 2 atau 3 masih sangat sulit dihentikan, kata Agus. pada media briefing online pada Selasa, 9 Januari 2024.

Jika niatnya baik, biasanya tenaga medis akan membantu dengan cara lain. Misalnya saja pengendalian obat-obatan yang membantu mengurangi kecanduan merokok.

Namun jika angka niatnya masih rendah, maka diperlukan cara lain selain obat, yakni nonfarmakologis, kata Agus. Bisa berupa hipnoterapi, psikoterapi, rehabilitasi medis, dll.

“Semuanya harus dikerahkan agar tingkat keberhasilan [tingkat keberhasilan berhenti merokok] 60 hingga 70 persen, jauh lebih tinggi dibandingkan pengobatan apa pun,” kata Agus.

Mengunyah permen karet merupakan salah satu cara untuk membantu berhenti merokok. Ketika seseorang merokok, ia mempunyai sesuatu untuk diisap atau dibawa, maka permen karet adalah penggantinya.

“Mengunyah permen karet merupakan tindakan untuk mengatasi kecanduan, gejala putus zat, dan perilaku. Mengunyah permen karet merupakan perilaku yang kita ubah. Rokok yang biasa kita pegang kita ganti dengan permen karet,” kata Agus.

Sebenarnya, Anda bisa mengganti mengunyah permen karet dengan aktivitas lain yang menyibukkan tangan, seperti berkebun atau bertani.

Menurutnya, “orang yang merokok biasanya merokok dan harus menahan sesuatu di mulutnya setiap hari, sehingga diperlukan terapi perilaku untuk menggantikannya.”

S.T.A.R.T. Saya memberikan nasehat dalam bentuk sebagai berikut:

START adalah singkatan dari S (Set), yang merupakan singkatan dari Set Start Date to Stop, dan merupakan kependekan dari T atau Tell (menunjukkan dukungan dalam lingkungan sehari-hari, termasuk keluarga, teman, dll.).

Kemudian muncul A atau antisipasi, yaitu mengantisipasi dan mengenali kapan akan timbul keinginan untuk merokok dan membuat rencana untuk menghadapinya.

Selanjutnya, R dihilangkan dengan menjauhkan rokok dari jangkauan dan membuang berbagai perlengkapan yang mendorong merokok.

Terakhir, T akan berbicara atau diberi konseling di pusat layanan berhenti merokok.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *