Ini Hukum Diberi Uang Oleh Non Muslim Untuk Umroh

banner 468x60

goseo.id Edukasi – Umrah merupakan salah satu ibadah yang dilakukan umat Islam dengan mengunjungi kota suci Mekkah dan melakukan serangkaian ritual khusus di Masjidil Haram.

Tentu saja, menunaikan umrah membutuhkan biaya yang cukup untuk menunjang kebutuhan keagamaan Anda. Banyak orang menabung untuk umroh. Namun bagaimana jika seorang Muslim melaknat uang yang berasal dari non-Muslim?

Berikut jawabannya terkait hukum pemberian uang kepada non muslim untuk umrah menurut Boya Yahya dikutip dari channel YouTube Al-Bahja:

Boya Yahya menjawab, dalam Islam, jika ada orang non-Muslim yang memberi kita uang, maka halal dan boleh menerimanya.

“Dalam Islam, kita boleh memberi uang kepada non-Muslim, mengajari mereka membantu tetangganya, dan jika non-Muslim ingin membangun rumah, kita cukup menyumbangkan semen dan memintanya, begitu pula sebaliknya. ya, kami bisa menerima,- jawab Boya Yahya.

Buya Yahya juga melanjutkan bahwa pemberian dari non-Muslim diperbolehkan selama barang tersebut bukan hasil kejahatan atau haram:

“Hadiah dari orang kafir boleh, kecuali yang jelas-jelas merupakan barang yang diharamkan, karena itu dicuri untuk kamu, dan itu haram. Memberikan sesuatu yang tidak kita ketahui dan yakini tidak haram, kita boleh menerimanya.” kata Boya Yahya.

Selain itu, Boya Yahaya juga menjelaskan, jika pemberian tersebut tidak dimaksudkan untuk mempermalukan umat Islam, maka tidak ada masalah.

“Orang kafir boleh membangun masjid, dan boleh mendirikan gubuk, asalkan tidak dengan cara yang menghinakan. Kalau menghina umat Islam, maka tidak boleh. Misalnya saja jika Anda membangun, memberikannya kepada non-Muslim tidak diperbolehkan dengan cara yang menghinakan.

Faktanya, banyak sarjana yang mengkritik apa yang ditulis Foucault kuno tentang keharmonisan antara Muslim dan non-Muslim.

“Para ulama juga mengkritik apa yang ditulis Foucault di masa lalu, ketika non-Muslim lewat di sawah dan sebagainya, karena ajaran Nabi Muhammad SAW memang seperti itu,” jelas Boya Yahya. . Terpopuler: Habib Bahar Minta Polisi Bubarkan Laskar Manguni, Panglima Dayak Pasang Kekuasaan Berikut Lima Artikel Teratas di goseo.id Trending Channel, Jumat 1 Desember 2023 Dari Habib Bahar Minta Polisi Bubarkan Laskar Manguni hingga Tanggapan Panglima Dayak Bajaji. goseo.id.co.id 2 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *