Ini Kendaraan yang Paling Efektif Kurangi Pencemaran Udara

banner 468x60

JAKARTA, 25 November 2023 – Sepeda listrik dan skuter listrik telah menjadi alat transportasi paling efektif di dunia dalam mengurangi polusi udara, menurut penelitian terbaru yang diterbitkan oleh Badan Energi Internasional.

Penelitian menunjukkan bahwa e-bike mengurangi permintaan minyak global sebesar 1 juta barel per hari, atau sekitar 1% dari total permintaan global. Jumlah tersebut empat kali lipat dari jumlah pengurangan kendaraan listrik.

goseo.id Otomotif dikutip dalam laman Carscoops mengatakan e-bike dinilai lebih efektif mengurangi emisi karbon karena lebih murah dan mudah diadopsi oleh masyarakat luas. Kendaraan ini juga lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan asap knalpot.

“Sepeda elektronik adalah solusi transportasi efisien yang mengurangi emisi karbon. Lebih murah dan mudah digunakan dibandingkan kendaraan listrik, sehingga memungkinkan untuk diadopsi oleh lebih banyak orang di seluruh dunia,” kata Direktur Jenderal IEA Fatih Birol.

Studi IEA juga menemukan bahwa sepeda elektronik dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengurangi emisi karbon dari transportasi perkotaan.

Menurut penelitian, jika perjalanan e-bike menyumbang 11% dari seluruh perjalanan mobil, maka hal tersebut dapat mengurangi emisi karbon transportasi kota sekitar 7%.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan penggunaan sepeda listrik. Indonesia saat ini memiliki sekitar 132 juta sepeda motor, menurut Kementerian Perhubungan.

Dengan dukungan pemerintah dan industri, penggunaan sepeda listrik di Indonesia diperkirakan akan meningkat secara signifikan di masa depan.

Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah untuk mendorong penggunaan sepeda listrik, termasuk memberikan insentif pajak dan subsidi.

Dengan dukungan pemerintah dan industri, penggunaan sepeda listrik di Indonesia dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengurangi emisi karbon dan meningkatkan kualitas udara perkotaan. Harga sepeda motor listrik bersubsidi mulai Rp 5 juta, syarat dan daftar lengkapnya sebagai berikut: Saat ini terdapat 6.712 permohonan hibah yang masih diproses. goseo.id.co.id 8 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *