Ini yang Bikin Mobil Listrik China Harganya Bisa Terjangkau

banner 468x60

JAKARTA – Mobil listrik buatan China telah mencuri perhatian di Eropa, dan pangsa pasarnya berkembang pesat.

Di luar dugaan, saham perusahaan mobil China anjlok setelah muncul laporan bahwa Komisi Eropa sedang mempertimbangkan perubahan kebijakan terhadap mobil listrik murah yang membanjiri pasar.

Pertanyaannya adalah: Bagaimana Tiongkok bisa menawarkan begitu banyak mobil listrik dengan harga bersaing?

Dirilis goseo.id Otomotif dari laman Carscoops pada Sabtu 23 September 2023. Pertama soal jumlah produksi di China.

Tiongkok dapat memproduksi 10 juta mobil per tahun, menurut Bill Russo, CEO perusahaan konsultan Automobility yang berbasis di Shanghai. Inilah sebabnya mengapa Tiongkok dapat memproduksi mobil listrik dalam jumlah besar, sehingga menghasilkan harga yang lebih rendah dan tingkat konversi yang lebih rendah.

Selain itu, Beijing telah memberikan subsidi besar untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik. Pada tahun 2021, Tiongkok diperkirakan akan mengeluarkan sekitar US$ 15 miliar untuk insentif kendaraan listrik, dan kontribusi ini akan terus berlanjut sejak tahun 2009.

Bahkan pada Juni 2023, Tiongkok mengumumkan pembebasan pajak baru untuk kendaraan listrik dan kendaraan ramah lingkungan sebesar 520 miliar yuan yang akan diberikan dalam empat tahun ke depan.

Ekspansi kendaraan listrik dari Tiongkok juga memberikan dampak yang signifikan. Menurut data resmi, ekspor kendaraan energi terbarukan Tiongkok (termasuk kendaraan hibrida dan listrik) ke Uni Eropa meningkat sebesar 112 persen dalam tujuh bulan pertama tahun 2023 dan juga mengalami pertumbuhan sebesar 361 persen dibandingkan tahun 2021.

Eropa telah menjadi pasar yang menarik bagi produsen mobil Tiongkok karena peraturan emisi Uni Eropa dan rencana pelarangan penjualan kendaraan berbahan bakar fosil.

Ini adalah pilihan yang lebih murah untuk membeli mobil listrik dari Tiongkok di Eropa dibandingkan di AS, karena harga impor ditetapkan ketika membeli mobil buatan Tiongkok. Review MINI Countryman Mobil kecil ini bisa jadi tak terduga. Sejumlah mobil MINI dijual di Indonesia, salah satunya MINI Countryman. Mobil ini mengusung DNA pabrikan mobil asal Inggris, goseo.id.co.id 9 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *