IPB University Raih Terbaik 1 Indonesia SDG’s Action Award 2023

banner 468x60

Yogyakarta – Sebagai pengakuan atas kinerja pemerintah Indonesia seluruh negara dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengadakan Indonesia Sustainable Development Goals. (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) Penghargaan untuk Aksi (ISAA) 2023

Pada kategori perguruan tinggi, pemenang ISAA 2023 adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Hasanuddin, dan Institut Teknologi Sepuluh Noemvri. Selain itu, Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas PHR) Pertamina Hulu Rokan, Yayasan Dompet Dhuafa Republik, dan Yayasan Bakti Barito berhasil meraih juara pada kategori amal.

“Sebagai koordinator implementasi SDG Indonesia, kami sangat mengapresiasi upaya bersama baik pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat dalam mencapai SDGs,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa pada Konferensi Tahunan SDG (SAC) 2023. di Yogyakarta pada hari Senin tanggal 6 November 2023.

“Tentunya kami akan terus mendokumentasikan, mendiseminasikan dan mempromosikan praktik-praktik baik bagi seluruh masyarakat Indonesia dan pada akhirnya masyarakat global,” lanjutnya.

Pada kategori pemerintahan provinsi, pemenangnya adalah Bali Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Barat. Kategori pemerintahan kabupaten kemudian diraih oleh Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara, Kabupaten Bandung Jawa Barat, dan Kabupaten Tegungung Jawa Tengah.

Tiga perusahaan yang mendapat penghargaan pada kategori Pelaku Usaha Besar adalah PT Great Giant Pineapple, PT Rimba Makmur Utama, dan PT PLN (Persero). Kategori Koperasi dan UKM kemudian diraih oleh Koperasi Simpan Pinjam dan Keuangan Syariah Baitul Maal Wa Tamwil (KSPPS BMT) Beringharjo, Berkah Inovatif Creative Indonesia dan PT Bhineka Rahsa Nusantara.

Selain itu, kategori organisasi masyarakat sipil (CSO) dimenangkan oleh Wahana Visi Indonesia, Yayasan Plan Internasional Indonesia dan Wallagri. Terakhir, Penghargaan Istimewa ISAA 2023 diraih oleh Lembaga Ketahanan Pangan Antargenerasi Rumah Senja oleh perwakilan LSM dan perwakilan media Kompas.id.

“Penghargaan kepada berbagai negara yang telah menunjukkan kinerja dan keteladanan terbaik melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia semoga dapat menginspirasi kita semua. “Saya berharap melalui perjanjian ini kita dapat memperkuat komitmen pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan peran aktif dan kerja sama semua negara,” kata Direktur Bappenas.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Bambang Brojonegoro di IKN: Impian Presiden Jokowi Sebelumnya Terwujud Bambang Brojonegoro mengatakan, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) merupakan impian Presiden Indonesia terdahulu yang kini diwujudkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). goseo.id.co.id 9 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *