Jangan Khawatir, Ini 3 Faktor yang Bakal Bikin Mobil Listrik Murah

banner 468x60

JAKARTA – Analis otomotif dari Kelley Blue Book menjelaskan tiga faktor yang membuat harga mobil listrik murah atau terjangkau. Berkat ketiga faktor tersebut, kisaran harga mobil listrik yang biasanya mulai dari Rp 500 juta hingga miliaran rupiah bisa terjangkau masyarakat.

Saat ini ada beberapa mobil listrik di Indonesia yang dibanderol di bawah Rp 500 jutaan yakni Neta V, Wuling Air EV dan mungkin Wuling Binguo EV. Mobil listrik asal China ini memiliki keunggulan dari segi teknologi baterai.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Teknologi baterai adalah faktor pertama yang akan membuat mobil listrik terjangkau di masa depan. “Baterai merupakan faktor utama harga mobil listrik. “Teknologi yang kami miliki justru akan membuat harga menjadi lebih tinggi,” kata David Browne, CEO mobil listrik Smart, seperti dikutip Autoblog, Rabu (29/11/2023).

Untungnya, saat ini harga baterai lithium-ion telah turun hingga 40% dan teknologi baterai semakin beragam. Baterai semikonduktor dan sodium-ion akan menjadi pilihan baru untuk mobil listrik dan harga akan menjadi lebih terjangkau.

Selain faktor baterai, harga mobil listrik juga bisa ditekan dengan hadirnya stasiun pengisian daya. Semakin banyak stasiun pengisian yang tersedia, semakin rendah harga mobil listrik.

“Semakin banyak stasiun pengisian daya, semakin banyak produsen mobil yang tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuat baterai untuk mobil listrik jarak jauh,” kata Matthias Preindl, profesor teknik elektro di Universitas Columbia.

Faktor ketiga yang paling menentukan adalah penerimaan mobil listrik di masyarakat. Semakin cepat pembelian mobil listrik, semakin mudah bagi produsen mobil untuk mencapai skala ekonomi.

“Perlu ada skala penjualan tertentu bagi produsen mobil listrik untuk mendapatkan keuntungan. Ketika itu terjadi, akan ada peluang untuk menurunkan harga mobil listrik,” kata Stephanie Valdez Streaty dari Cox Automotive.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *