Jembatan Tidak Dibangun, Siswa SD di Jambi Seberangi Sungai Deras Demi Sekolah

banner 468x60

Jambi – Siswa Sekolah Darsar (SD) di Dusun Muaro Lipat, Desa Datuk Nan Diu, Kecamatan Batang Asay, Kabupaten Sarulangon, harus menyeberangi sungai untuk mencapai SD Negeri 156 yang terletak di Desa Padang Gering, Batang Asay, Kecamatan Sarulangon, Jambi.

Mereka terpaksa berjalan menyeberangi sungai menuju desa berikutnya karena jarak sekolah di desa mereka terlalu jauh. Hal ini perlu diperhatikan karena dapat membahayakan anak-anak akibat derasnya arus dan kedalaman sungai.

Saat dihubungi, Tokoh Masyarakat Dusun Mwaro Libat, Sayafy Al Masri mengatakan, siswa sekolah yang pergi ke sungai merupakan pemandangan lumrah di wilayahnya. Wajar saja, hanya sedikit dari mereka yang melihat perahunya terbalik di tengah sungai.

“Iya terbalik, tapi itu lumrah karena anak-anak di daerah kami sudah terbiasa berenang, jadi kalau berenang anak-anak ke pinggir sungai dan pulang ke rumah sehingga tidak sekolah,” ujarnya, Rabu. . 29 November 2023.

Siyafii sangat berharap pemerintah pusat dan daerah membangun jembatan agar perekonomian lancar dan tidak lagi melintasi sungai. Menurut Siyafii, sejak Indonesia merdeka hingga saat ini, negara belum membangun jembatan.

Ia menjelaskan: “Sejak saya masih sekolah, sudah seperti ini. Dulu kami baik dan lebih baik. Tidak benar seperti ini di era kebebasan ini.”

Syafi mengatakan, ada sekolah di Desa Datuk Nan Diu, Kecamatan Batang Asai, namun jaraknya sangat jauh. Dibandingkan ke sungai, perbandingan waktunya sekitar 10 menit.

Ia berkata, “Ada jalan raya dan jalur pejalan kaki yang menuju ke sekolah di desa kami, namun dekat dengan sekolah di desa tetangga. Selama 20 tahun, usulan pembangunan jembatan tersebut diperdebatkan, namun ada belum ada jalan.”

Terpisah, Kepala Dusun Muaru Lipat, Desa Datuk Nan Deu, Batang Asai, Darmawin, mengatakan pihaknya sebelumnya sudah meminta pembangunan jembatan penghubung namun belum ada yang dibangun.

“Kami sudah berbicara dengan pemerintah dan berharap akan dibangun jembatan dan anak-anak akan naik perahu menyeberangi Sungai Batang Asai menuju Desa Padang Gering, tempat penyerahan akan dilakukan,” ujarnya. 3 Mobil Terbang Siap Terbang yang Bisa Dipesan Setelah bertahun-tahun dikembangkan, kini sudah ada mobil terbang yang siap dijual dalam waktu dekat. goseo.id.co.id 6 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *