Kamu Penyuka Ilmu Alam, 12 Jurusan yang Berhubungan dengan Ilmu Biologi Ini Cocok Buat Kuliah

banner 468x60

Jakarta – Berikut 12 jurusan kuliah yang berhubungan dengan biologi. Pada dasarnya biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Tapi tahukah Anda juga bahwa bidang keilmuan biologi sangat luas dan terbatas pada hal-hal tersebut saja.

Oleh karena itu, Anda bisa menemukan berbagai jurusan perguruan tinggi dengan biologi sebagai jurusan sains yang Anda pelajari. Artikel ini secara khusus membahas mata pelajaran utama yang berkaitan dengan Biologi di perguruan tinggi mana pun; melihat

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Daftar 12 jurusan perguruan tinggi yang berhubungan dengan biologi

1. Jurusan Biologi

Umumnya Jurusan Biologi berada di bawah naungan Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, namun banyak juga universitas yang mempunyai jurusan Biologi sendiri.

Berbeda dengan saat saya SMA, ilmu yang saya pelajari di jurusan biologi biasanya terfokus pada hewan dan tumbuhan, sedangkan ilmu tentang manusia akan dipelajari pada bidang kedokteran dan psikologi.

Dr di Departemen Biologi. Anda akan terus mencari jawaban atas ilmu zoologi (ilmu yang mempelajari tentang hewan) dan botani (ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan).

2. Departemen Oseanografi

Departemen Oseanografi, atau oseanografi, adalah jurusan lain yang berhubungan dengan biologi. Di departemen ini Anda mempelajari semua aspek kelautan dan samudera termasuk ekologi kelautan, dinamika pasang surut; Hal ini dapat dipelajari hingga studi akustik kelautan.

Jurusan ini sebenarnya merupakan salah satu cabang ilmu geologi, namun masih berkaitan dengan biologi karena nantinya bisa mempelajari tentang biota laut. Selain itu, jika ingin belajar di sini perlu melatih kemampuan berenang karena praktis bisa berlatih di laut.

3. Departemen Kedokteran

Banyak universitas ternama seperti UI UGM dan UNAIR yang kebanjiran ribuan pendaftar jurusan kedokteran setiap tahunnya. Jika Anda diterima di departemen ini, Anda akan belajar tentang kesehatan dan penyembuhan manusia.

Beberapa mata kuliah yang akan Anda temui di departemen ini antara lain biologi klinis; Farmakologi Fisiologi Anatomi Fisiologi; termasuk nutrisi medis.

4. Departemen Kedokteran Gigi

Jurusan kedokteran berbeda dengan kedokteran gigi yang mempelajari kesehatan manusia secara keseluruhan, namun umumnya mempelajari kesehatan mulut dan gigi seseorang.

Jurusan perguruan tinggi yang berhubungan dengan biologi ini memiliki peminat yang sama banyaknya dengan jurusan pendidikan kedokteran, yaitu ribuan orang yang mendaftar setiap kali dibuka.

Untuk mata kuliah, Biologi Medis; Perawatan gigi palsu Bedah gigi; operasi mulut; Anda dapat menemukan banyak kursus lainnya di Departemen Radiologi Umum dan Pendidikan Gigi.

5. Departemen Pendidikan Kedokteran

Selain menjadi dokter, lulusan jurusan ini terkadang dibutuhkan untuk pekerjaan di bidang teknologi pangan dan peternakan karena dekat dengan hewan.

Flu burung penting bagi kedokteran hewan mengingat belakangan ini banyak isu seputar virus hewan seperti flu babi dan virus corona.

Anatomi hewan; Institut Kedokteran Hewan; genetika hewan; zoonosis; Bedah hewan dan mata pelajaran lainnya merupakan mata pelajaran yang akan diajarkan selama kuliah di departemen ini.

6. Departemen Konservasi Sumber Daya Hutan

Dalam konservasi sumber daya hutan juga dapat terkena dampak pemanasan global karena berdampak pada ekosistem dan kelestarian hutan.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *