Kedai Kopi Kuno dengan Tema Video Gim Retro, Pengunjung Bisa Main Sepuasnya Gratis

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta – Minum kopi sambil bermain game lawas tahun 90-an sepertinya menjadi aktivitas yang menyenangkan, apalagi jika Anda sedang berkumpul dengan orang tersayang yang sedang berada di dekat Anda saat libur akhir tahun. Jika Anda tertarik dengan hobi ini, Anda bisa mengunjungi kedai kopi antik.

Terletak di kawasan Grogol, Jakarta Barat, kafe ini mengusung tema video game retro tahun 90an. Tak hanya sebagai penghias, pengunjung juga bisa memainkan berbagai permainan jaman dulu yang akan memberikan sensasi berkunjung ke masa itu melalui permainan tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Koleksi (permainan) paling menarik yang bisa menarik perhatian di kedai kopi jaman dulu ini, khususnya game arcade atau lebih kita kenal dengan Ding Dong. Hingga kami membuat logo toko kami Ding Dong,” kata Aging HB, sang pemilik. Dari Kedai Kopi Kuno, di Liputan6.com, melalui telepon, Senin 27 November 2023.

Selain Ding Dong, kafe ini menawarkan berbagai permainan untuk dimainkan pengunjung, seperti Xbox 360, Nintendo, dan PS1. Agung menjelaskan, jika tamu ingin memainkan permainan tersebut, tidak dipungut biaya.

Pada tahun pertama setelah pembukaan, pengunjung yang ingin memainkan permainan Ding Dong akan dikenakan biaya sebesar Rs 2.000 per permainan. permainan. Namun ternyata yang banyak mengunjungi toko ini adalah generasi Z yang lahir setelah tahun 2000.

Berbeda dengan generasi kelahiran tahun 90an, mereka suka menukarkan uang dengan game. Jadi pada tahun berikutnya permainan tersebut menjadi gratis untuk penonton.

“Mereka tidak keberatan menukarkan dua ribu rupee, jadi simpan saja, tapi jangan main-main, tidak peduli, apalagi biaya tambahannya, ya,” kata Agung.

Dari segi dekorasi, toko ini sebagian besar memiliki koleksi berbagai permainan kuno berusia di bawah 2000 tahun yang menghiasi toko seperti Casio Game Watch (gimbot) dari berbagai jenis; PlayStation 1,2,3 dan 4; Dari awal seri Nintendo hingga seri terakhir; dan SEGA. Namun selain permainan, kedai kopi ini juga memiliki koleksi kamera, majalah, dan komik lawas.

“Sebelum saya membuka kedai kopi ini, saya gemar mengoleksi barang-barang vintage, terutama di segmen gaming atau retro gaming. Seiring berjalannya waktu, kami merambah hampir ke semua barang vintage,” jelas Aging.

Agung mengungkapkan, yang mendorong dirinya membuka toko tersebut adalah karena koleksi yang diyakininya cocok untuk bisnis kafe. Itu sebabnya dia membuka bisnis ini.

Konsep coffee bar ini terinspirasi dari beliau yang sangat suka mendekorasi. “Untuk dekorasinya, segala macam murni ide kami sendiri, seperti memasang jalan atau track tamiya di dinding, kami tidak punya inspirasi, sehingga banyak yang mengikutinya,” jelas Aging. .

Untuk game lawas seperti Ding Dong dan PlayStation, ia menjelaskan bahwa inspirasinya datang dari kedai kopi di Jepang yang memiliki Ding Dong di kedai kopinya. Dalam perolehan koleksinya, Agung menjelaskan, ia menggunakan aplikasi eBay jika berasal dari luar negeri. Selain itu, dia berburu melalui komunitas Facebook dan juga membelinya dari toko barang bekas.

Jika tertarik mengabadikan momen dengan interior kedai yang unik, pengunjung bisa menyewa studio foto di dalam Kuno Coffee Shop. Biaya sewa studio foto Rp 500 ribu per 2 jam dengan kapasitas hingga 37 orang.

Agong mengatakan toko tersebut akan ditutup sementara jika ada yang menyewa studio foto. “Kalau ada pembeli, kami sediakan makanan dibawa pulang saja, sedangkan studionya ada yang menyewa,” jelasnya.

Ia juga menyatakan bahwa studio foto berada di dalam toko, namun penyewa juga dipersilakan jika ingin menggunakan bagian luar toko.

Untuk menu makanannya, kedai ini menawarkan menu khas kedai kopi seperti aneka mie instan, kentang, sosis, dan roti panggang. Menu makanan jaman dulu yang disajikan di kedai ini antara lain mie bunga sakura dan telur gulung. Menu makanannya antara Rp 10.000 – Rp 25.000.

Kedai kopi ini menawarkan minuman dalam empat kategori yakni minuman berbahan dasar kopi, mocktail, teh, dan susu dengan harga mulai dari Rp 18.000 hingga Rp 25.000. Favorit pengunjung toko antara lain kopi gula aren dan kopi Baileys non-alkohol.

Selain itu, demi menjaga kualitas pelayanan, pihak kedai kopi selalu memantau rating review di Google dan meningkatkan pelayanan jika ada keluhan. Mereka juga ramah terhadap pengunjung sehingga membuat mereka betah saat berkunjung ke toko.

Kedai kopi ini memiliki ruang untuk 30 orang di area indoor dan outdoor. Kedai kopi antik ini terletak di Jalan Latumenten VI Gg. 2 No.9, RT.9/RW.5, Jelambar, Kec. Grogol Petamborn, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11460.

Kafe buka setiap hari mulai pukul 16:45 hingga 03:00. Namun jika tidak ada pengunjung, toko tutup pada pukul 01.00.

Disewakan studio foto, buka dari jam 11 pagi sampai jam 6 sore. Pengunjung yang ingin mengambil foto di studio harus memesan setidaknya satu hari sebelumnya, karena studio harus siap terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi akun Instagram kedai kopi lama yaitu @Kedaikopikuno.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *