Kekuatan Orbex Leadership, Apa Istimewanya?

banner 468x60

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kurang dari setahun lagi, Indonesia akan memiliki Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. Saat ini merupakan masa yang semakin menantang bagi kepemimpinan.

Selain pertumbuhan penduduk Indonesia, tantangan untuk memanfaatkan bonus penduduk juga semakin meningkat. Belum lagi tantangan besar dalam mencapai Visi Emas Indonesia 2045.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Untuk menghadapi tantangan yang beraneka ragam, orang nomor satu di Indonesia disarankan menggunakan gaya kepemimpinan Orbex dalam mengelola pemerintahannya. “Hal ini penting agar presiden dapat melaksanakan berbagai program yang dicanangkan saat kampanye secara akurat dan cepat,” jelas Andrew Tani, pendiri dan CEO Andrew Tani & Co, Senin. (4/11/2023).

Lebih lanjut Andrew menjelaskan, ORBEX atau Business Excellence Planning merupakan sebuah konsep perspektif yang membantu para pemimpin organisasi mencapai kesatuan bahasa dan membuka pintu kesatuan hati.

Kepemimpinan Orbex sangat penting penggunaannya dalam manajemen di berbagai aspek organisasi, lembaga pemerintah dan organisasi. Sebab, para pemimpin membutuhkan bahasa yang sama untuk menjelaskan hal-hal yang mereka hadapi dengan pemahaman yang sama. Pemahaman bersama ini memungkinkan terjadinya dialog yang bermakna. Percakapan yang bermakna meningkatkan validitas ide. Tanpa kualifikasi ide, implementasi strategi akan mendapatkan situasi yang buruk, situasi akibat pertumbuhan perkotaan. Di sinilah kelebihan kekuasaan, jelas Andrew.

Pada saat yang sama, ketika Kepemimpinan Orbex digunakan, para pemimpin dapat meningkatkan kapasitas organisasi melalui keunggulan individu dalam tim pemenang. “Perspektif Orbex dapat menjadi acuan bagi pemimpin tim dan anggotanya dalam menerapkan lima prinsip tim pemenang, yaitu makna, hasil, proses, pertumbuhan dan ide. Dengan Orbex, para pemimpin akan memahami pekerjaan yang perlu diprioritaskan dan Rencanakan penggunaan sumber daya yang ada,” kata Andrew.

Dengan Orbex Leadership, pemimpin dapat membedakan tantangan dan hambatan yang menghalangi terwujudnya visi. “Jika cukup banyak hambatan yang dipertimbangkan, maka sumber daya dan energi yang tepat akan dikerahkan untuk mengatasi tantangan tersebut. Dengan memahami perbedaannya, perusahaan dan pemimpin tidak hanya akan menyia-nyiakan sumber daya mereka untuk menghadapi hambatan, tetapi juga akan mengarahkan mereka ke tantangan tersebut,” tegasnya. Andrew.

Tentu saja, presiden Indonesia selanjutnya, seperti pemerintahan sebelumnya, tentunya akan didukung oleh banyak partai terbaik di bidangnya. “Melibatkan kepemimpinan Orbex akan membantu menghubungkan bahasa dan hati para pemimpin pemerintahan di berbagai tingkat,” kata Andrews.

Andrew juga menyebutkan sejumlah bidang yang sangat relevan untuk mengelola dengan prinsip-prinsip kepemimpinan ORBEX, termasuk:

1. Visi Indonesia Emas 2045.

Untuk mewujudkan visi tersebut secara akurat dan cepat, pemerintah Indonesia dapat memulai dengan mengidentifikasi bidang-bidang prioritas di pemerintahan yang memerlukan perubahan untuk memperkuat kapasitas organisasi dalam mencapai rencana pembangunan jangka panjang menuju Indonesia emas.

2. Peningkatan kerjasama.

Dalam bidang ini, Manajemen Orbex dapat meningkatkan kualitas kerjasama struktural dan memfasilitasi secara penuh program kerja antar berbagai departemen dan lembaga pemerintah. Kerja sama yang baik dapat meningkatkan efisiensi dan memberikan hasil yang lebih baik bagi masyarakat.

3. Pembagian ruang lingkup kerja bagi pimpinan senior.

Ketika AT&Co membantu implementasi kepemimpinan Orbex di Kementerian Pendidikan Nasional pada masa Menteri Pendidikan Nasional, Bapak Bambang Sudibyo, pada tahun 2004-2009, Menteri sangat puas dengan struktur pelaksanaan program Kerja Kementerian yang telah ditetapkan. . Didukung oleh Sistem Perencanaan Penilaian Implementasi Strategis dari Orbex. “Dengan sistem ini, menteri dapat memantau dan mengevaluasi kemajuan pencapaian langkah-langkah pembangunan,” kata Andrew.

Pada saat yang sama, direktur jenderal mengawasi dan mengevaluasi rencana strategis. Selain itu, direktur mengawasi program pengembangan utama. “Salah satu langkah suksesnya adalah Kementerian Pendidikan Nasional kemudian berhasil mempersiapkan pemenuhan amanat UUD 1945 berupa alokasi anggaran APBN sebesar 20 persen untuk sektor pendidikan,” jelas Andrew.

4. Kepemimpinan transformasional.

Presiden Indonesia menuntut jajaran menteri menjadi pemimpin perubahan yang kuat dalam upaya mewujudkan visi jangka panjang dengan tindakan strategis yang dalam posisinya fokus pada keberlanjutan, keadilan dan pembangunan ekonomi, sesuai prinsip kepemimpinan ORBEX. .

5. Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan.

Pemerintah dapat berinvestasi dalam pelatihan dan pengembangan pegawai pemerintah untuk mengembangkan kader pemimpin yang berpikir strategis, dapat mengkomunikasikan dan membenarkan strategi mereka kepada orang lain, dan menerjemahkannya ke dalam pekerjaan organisasi sehari-hari. “Secara keseluruhan, penerapan kepemimpinan Orbex akan membantu pemerintah Indonesia mencapai reformasi positif yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat,” kata Andrew menutup pernyataannya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *