Kelainan Genetik pada Janin Termasuk Down Syndrome, Bisa Dideteksi Sejak Hamil

banner 468x60

JAKARTA – Sebagai seorang ibu hamil, kebahagiaan dan kesehatan bayi yang dikandungnya adalah hal yang paling penting. Begitu pula dengan NIPT (Non-Intrusive Prenatal Test), yaitu tes yang mengidentifikasi kelainan pada janin selama kehamilan, yang merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang berisiko rendah.

Direktur Bisnis Gene Solutions (GS) di Indonesia Dony Hendrawan mengatakan kelainan pada janin dapat dideteksi dengan NIPT triSure. Apa itu? Yuk, scroll untuk mengetahui selengkapnya.

“NIPT triSure merupakan alat penting untuk menguji ibu dan bayi yang dikandung,” kata Dony pada acara peluncuran NIPT triSure di Jakarta, dikutip dalam keterangannya, Senin, 6 November 2023.

Ia juga mengatakan bahwa dengan tes triSure NIPT, deteksi dini kelainan genetik pada janin seperti Down Syndrome, Edwards Syndrome, dan Patau Syndrome dapat diperbaiki dengan pengobatan yang tepat bahkan sebelum kelahiran.

Perwakilan Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Jaya, Dr. M.Adya F. Dilmy, BMedSc, Sp.O.G, Subsp. K.Fm, mengatakan bahwa mengutamakan kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak dapat mengubah cara kita memahami perawatan prenatal.

“Hasil tes ini juga membantu mereka yang akan menjadi orang tua untuk mengambil keputusan spesifik mengenai kehamilan dan pengasuhan anak di masa depan, sehingga struktur keluarga di masa depan lebih baik,” ujarnya.

Produk triSure NIPT, lanjut Dr. Adya, tidak hanya mendukung kesejahteraan ibu, namun juga memberikan perlindungan dan perawatan yang lebih baik bagi bayi yang belum lahir, memungkinkan intervensi dini dan perencanaan yang lebih baik untuk masa depan mereka.

“Metode ini memajukan pemahaman tentang pentingnya rekayasa genetika dalam mendukung kehamilan yang sehat dan mendekatkan kita pada konsep perawatan kehamilan yang komprehensif dan personal,” tutupnya.

Ketua POGI JAYA, Dr. Dr. Didi Danukusumo, Sp.O.G, Subsp.K.Fm, MPH menambahkan, skrining gen abnormal sejak janin dalam kandungan merupakan hal yang penting.

Hal ini untuk mempersiapkan generasi masa depan bangsa Indonesia yang kuat dan baik, tambahnya. Beginilah keadaan Zafirah, seorang pendaki perempuan yang terjebak debu Gunung Marapi, di media sosial dihebohkan dengan video yang menunjukkan seorang pendaki terjebak debu Gunung Marapi, Sumatera Barat dan meminta bantuan ibumu goseo.id. .co.id pada 5 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *