Kementerian ESDM Catat Baru 112 Motor Dapat Bantuan Konversi Motor Listrik

banner 468x60

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian ESDM menyebutkan, hanya 112 sepeda motor yang mendapat bantuan dalam program konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik dari 5.399 permohonan yang diterima pada 16 Agustus 2023. Staf Khusus Kementerian ESDM Sumber Daya Percepatan Pembangunan Industri Energi dan Mineral Agus Tjahajana Wirakusumah mengatakan, sebanyak 1.716 permohonan dibatalkan, sebagian besar karena menilai biayanya masih mahal.

Hingga saat ini, rencana konversi sepeda motor berbahan bakar bensin ke listrik yang mendapat bantuan pemerintah sebesar Rp7 juta hingga saat ini belum terealisasi. Dari 5.399 permohonan yang masuk, baru 112 permohonan yang diikuti atau banyak yang akan melakukan konversi mesin, kata Agus. pembukaan pembeli EV Expo 2023 di Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Agus mengatakan saat ini terdapat 12 bengkel bersertifikat dan digital dengan kapasitas konversi 34.979 unit sepeda motor setiap tahunnya. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menargetkan hingga 50.000 skuter listrik ada di jalan pada tahun 2023.

Untuk itu, berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk menarik minat masyarakat terhadap penggunaan kendaraan listrik, terutama dengan memperluas proses konversi sepeda motor listrik berbahan bakar bensin menjadi pengganti baterai.

“Manfaatnya, biaya lebih hemat karena aki dikelola oleh perusahaan penyedia aki dan waktu pengisiannya sangat cepat karena hanya perlu mengganti aki (penukaran) di SPBKLU (Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum),” itu berkata.

Selain itu, pemerintah juga menyediakan platform digital sebagai titik penjualan konversi sepeda motor berbahan bakar bensin menjadi listrik sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengikuti proses konversi tersebut.

Selain itu, pemerintah terus melakukan komunikasi untuk memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat tentang manfaat dan cara modifikasi sepeda motor serta mempercepat pelayanan penerbitan hasil tes, STNK dan BPKB sepeda motor modifikasi tersebut.

Saat ini, lanjut Agus, juga terdapat layanan keuangan murah dari perbankan dan lembaga keuangan, antara lain BRI dan Adira Dinamika Multi Finance.

Pemerintah juga mendukung pengelolaan suku cadang mesin bekas untuk program konversi sepeda motor melalui smelter skala kecil dan menengah.

Dalam hal peningkatan TKDN, pemerintah memiliki program prototipe converter kit pada tahun 2021-2022 yang berhasil meningkatkan TKDN mesin Brushless DC Electric Motor (BLDC) yang mencapai 61,24 persen dan mesin Electronic Control Unit (ECU) sebesar 40,3 persen. .

Untuk meningkatkan TKDN komponen baterai, nikel di bawah ini sangat penting untuk menunjang industri baterai, terutama produk-produk yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri (prekursor baterai, katoda, sel baterai, dan battery pack).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *