Kepulauan Seribu Masih Kekurangan Guru Bahasa Inggris

banner 468x60

JAKARTA – Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa ini adalah bahasa ibu bagi lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa yang paling umum digunakan di sektor pariwisata.

Dalam rangka mendukung pemerintah dalam program pendidikan dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa di kawasan wisata, maka program pelatihan bahasa Inggris bagi guru sekolah dasar dilaksanakan di berbagai kawasan wisata yang termasuk dalam Kawasan Pariwisata Super Prioritas dan beberapa lainnya. tujuan wisata.

Setelah Mandalika dan Samosir, EF Kids & Teens berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu meluncurkan program pelatihan bahasa Inggris yang melibatkan 50 guru SD Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu.

Sebagai bagian dari program pelatihan bahasa Inggris, EF Kids & Teens membekali guru dengan metode pembelajaran yang kreatif, efektif, dan menyenangkan untuk menyampaikan materi pembelajaran bahasa Inggris kepada siswa.

Program pelatihan ini terdiri dari workshop tatap muka dan workshop online yang dilaksanakan secara intensif selama 4 bulan. Banyak sekali modul pembelajaran yang dapat dipraktikkan oleh guru dan mudah diterapkan dalam proses belajar mengajar.

Country Director EF Kids & Teens Indonesia Suryadi Afan mengatakan: Sebagai sekolah bahasa Inggris terbesar di dunia, EF Indonesia berkomitmen untuk memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya dengan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan mengembangkan metode pembelajaran menyenangkan secara berkelanjutan.

Program pelatihan bagi para pendidik PAUD sudah pernah kami lakukan sebelumnya. Selain itu, EF juga mengadakan program dukungan bagi guru-guru muda #TeacherforTheFuture di berbagai pelosok Indonesia,” kata Suryadi dalam keterangannya. ., dikutip pada Rabu 26 Juli 2023.

“Sejak tahun 2014 hingga saat ini, EF telah mengirimkan guru-guru muda untuk mendukung pengembangan kapasitas guru di beberapa daerah terpencil di Indonesia seperti Kabupaten Natuna, Riau, Kabupaten Paser Kalimantan Timur dan Kabupaten Boalemo, Gorontalo,” lanjutnya.

Lebih lanjut Suryadi mengatakan, tahun ini mereka fokus mengembangkan tenaga pengajar untuk sekolah dasar di wilayah program Kawasan Pariwisata Super Prioritas (DPSP) seperti Mandalika, Samosir, Labuan Bajo, Bromo dan Magelang, termasuk destinasi wisata prioritas Kepulauan Seribu. .

H. Jaanan, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Dasar, Adm. Dinas Pendidikan Kabupaten. Kepulauan Seribu menyampaikan: “Kepulauan Seribu termasuk kawasan wisata prioritas yang mendorong seluruh penduduknya memiliki pendidikan yang baik dan menguasai bahasa asing.”

“Saat ini kelompok sasaran wisatawan Kepulauan Seribu terdiri dari 80 persen wisatawan nusantara dan 20 persen wisatawan mancanegara. Oleh karena itu upaya edukasi yang dilakukan EF sangat membantu kami dalam mendukung putra-putri Kepulauan Seribu agar lebih baik lagi dalam menghadapi wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara,” ujarnya.

“Saat ini salah satu kendala dunia pendidikan di Kepulauan Seribu adalah terbatasnya jumlah guru bahasa Inggris karena banyak guru yang pensiun dan masih ada beberapa sekolah yang kekurangan tenaga pengajar,” lanjutnya.

Corporate Affairs Director EF Kids & Teens Indonesia Juli Simatupang mengatakan, pihaknya menyasar para guru agar bisa menularkan materi ajar kepada siswanya.

“Dengan demikian para peserta mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik dari sebelumnya. Modul pembelajaran yang ditawarkan kepada guru terdiri dari pelatihan berbagai strategi dan teknik pengajaran yang memungkinkan pembelajaran positif, interaktif, dan menyenangkan,” ujarnya. Menanggapi masukan siswa, Mas Dhito akan membuka ekstrakurikuler di SMA Boarding School Pare. Gubernur Kediri Hanindhito Himawan Pramana berencana membuka ekstrakurikuler baru di Pondok Pesantren SMA Dharma Wanita. Rencananya mengikuti keinginan siswa. goseo.id.co.id pada 8 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *