Kiat PKT Jaga Kelestarian Sekaligus Tingkatkan Perekonomian

banner 468x60

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anggota holding Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) atau PKT berkomitmen meningkatkan implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) atau keberlanjutan tujuan pembangunan (TPB). Direktur Keuangan dan Administrasi PKT Qomaruzzaman mengatakan, pihaknya memiliki banyak program terkait TPB.

Program tersebut dimulai dari program konservasi taman laut dan media center terumbu karang (Kilau Samudera), kitosan baru dari limbah cangkang (Intan Karang), organisasi perlindungan mangrove sebagai budaya konservasi alam dan bumi (Gelimang Buana), kendali. dan pencegahan stunting (Pedalgas), serta program Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Dalam proyek Kilau Samudera, PKT melakukan restorasi terumbu karang di perairan Bontang dengan melibatkan nelayan yang berperan aktif dalam prosesnya,” kata Qomaruzzaman dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Qomaruzzaman mengatakan, PKT berniat terus meningkatkan kontribusinya terhadap pemulihan lingkungan laut melalui program Kilau Samudera. Tujuannya untuk menjaga kualitas air Bontang dan keanekaragamannya.

Menurut Qomaruzzaman, program Intan Karang merupakan inisiatif masyarakat dengan memanfaatkan limbah cangkang kepiting menjadi kitosan cair. Pasalnya, banyak limbah cangkang kepiting yang dibuang setiap harinya setelah dijual oleh nelayan di pelabuhan Loktuan.

“Sampah ini sering kali dibuang ke laut, karena pikiran masih menganggap cangkang kerang bisa terurai secara alami,” kata Qomaruzzaman.

Qomaruzzaman mengatakan PKT juga sedang mengembangkan kawasan konservasi mangrove di HGB 65 Bontang dengan menanam 505.167 bibit. Program Gelimang Buana memungkinkan masyarakat memanfaatkan sumber daya mangrove untuk produksi banyak usaha komersial.

“Saat ini banyak usaha yang dilakukan oleh anggota kelompok, seperti pelestarian pohon bakau, produksi makanan dan minuman dari hutan seperti amplang, sirup dan dodol, hingga pengembangan pariwisata,” jelas Qomaruzzaman.

PKT juga fokus pada sektor ini….

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *