Kolaborasi Memadukan Layanan Imigrasi dengan Perbankan

banner 468x60

Jakarta – Kementerian Imigrasi; Direktorat Jenderal (Ditjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menargetkan 1.000 pemohon visa emas dan 700 pemohon visa diaspora pada tahun pertama setelah dibuka pada Februari 2024.

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bekerja sama dengan Bank Mandir dalam program layanan digitalisasi yang bertujuan untuk mempercepat proses pengajuan visa bagi orang asing dan diaspora.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Model kerja samanya adalah digitalisasi layanan imigrasi dan perbankan, kata Direktur Jenderal Pelayanan Imigrasi Finlandia Silmy Karim usai penandatanganan perjanjian kerja sama imigrasi dan perbankan di Jakarta, Selasa (12 Mei 2023).

Menurut Silmy, layanan digitalisasi ini diluncurkan atas perintah Presiden Joko Widodo terkait Golden Visa. Kemudian terus melakukan digitalisasi layanan imigrasi.

“Sekarang aturan Golden Visa sudah diterbitkan, kami sedang mempersiapkan infrastruktur untuk memudahkan proses pelayanan bagi pemohon,” kata Silmy.

Kerjasama dengan Bank Mandiri ini karena Bank Mandiri dan Livin-nya sudah hadir di 122 negara, kata Silmy.

“Bagi warga negara asing (WNA) yang mengajukan visa melalui Livin Bank Mandir, uang yang disimpan selama pengajuan visa disimpan di Livin. Jadi bisa buka rekening dari luar negeri,” kata Silmy.

Sementara itu, CEO PT Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan platform Livin dapat mendukung seluruh operasional perbankan di dalam dan luar negeri.

“Platform Livin tersedia di seluruh dunia. “Kami berharap kerja sama dengan imigrasi, khususnya di bidang perbankan, dapat mempercepat pelayanan keimigrasian,” kata Darmawan.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *