Kolaborasi Pendanaan JETP, PLN Siap Akselerasi Transisi Energi Lewat Dukungan Global

banner 468x60

JAKARTA – PT PLN (Persero) siap mempercepat proyek transisi energi di Indonesia dengan hadirnya dukungan pembiayaan global, yang salah satunya dilaksanakan melalui mekanisme Equitable Energy Transition Partnership (JETP). Sejalan dengan tema COP28 tahun ini yang mengedepankan implementasi dukungan perlindungan lingkungan bagi negara berkembang, Indonesia siap bekerja sama dalam mempercepat transisi energi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia telah meluncurkan Rencana Investasi dan Kebijakan Komprehensif (CIPP), sebuah langkah komprehensif dalam menangkap peluang pembiayaan transisi energi melalui mekanisme JETP.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Kemitraan JETP menyadarkan kita bahwa kita perlu melakukan banyak kerja kolaboratif. Dunia memerlukan paradigma baru dalam mekanisme pendanaan iklim. Kita semua perlu bekerja sama untuk menyelaraskan kemitraan pendanaan iklim. Hal ini memerlukan upaya global untuk memitigasi dampaknya. perubahan iklim, krisis iklim,” tegas Luhut saat membuka sesi diskusi. COP 28 secara online di Paviliun Indonesia pada Sabtu (12/02/2023).

Pada kesempatan yang sama, mantan Direktur Eksekutif Bank Dunia Mari Elka Pangestu menyoroti gerakan aktif kelompok global untuk menciptakan kemitraan komprehensif guna mempercepat transisi energi.

Kolaborasi antara negara maju dan berkembang adalah satu-satunya cara untuk mencapai tujuan iklim yang lebih baik. Kolaborasi antara sektor swasta, industri, dan badan amal juga dapat memacu momentum ini, kata Mari Elka.

Bahkan, CEO Standard Chartered Group Bill Winters menegaskan, Indonesia merupakan salah satu negara maju dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Ketika Indonesia membutuhkan dukungan dalam peta jalan transformasi energinya, semua mata kini tertuju pada Indonesia sebagai negara yang dapat menciptakan lingkungan investasi.

“Kita semua tahu bahwa Indonesia adalah negara muda yang berkembang sangat pesat. Belum ada negara lain yang mengambil langkah cepat dan ambisius dalam transisi energi. Indonesia memiliki program investasi yang sangat jelas dan rinci. Sudah saatnya mendukung dan mendorong kemitraan internasional” Indonesia adalah melakukan transisi energi” Bill Winters menekankan.

Sebagai penggerak transisi energi, PT PLN (Persero) telah melaksanakan sejumlah inisiatif mandiri untuk mendorong transisi energi. Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menilai kerja sama luar biasa dari berbagai pemangku kepentingan dapat mempercepat implementasi agenda transisi energi di Indonesia. Demikian pula mekanisme JETP, salah satu dari beberapa Dana Transisi Energi, juga akan bertindak sebagai katalis untuk pembiayaan lainnya.

“Upaya kolaboratif harus benar-benar didorong. Karena penurunan 1 ton emisi CO2 di Indonesia mempunyai dampak yang sama dengan penurunan emisi di belahan dunia lain. Oleh karena itu, transisi energi ini tidak bisa kita lakukan sendirian,” kata Darmawan. dikatakan.

Berdasarkan dokumen CIPP, PLN terlibat dalam ratusan proyek konversi energi. Salah satunya adalah peningkatan kapasitas pembangkitan energi ramah lingkungan dan Pemberdayaan Transmisi Ramah Lingkungan untuk menjamin distribusi listrik yang adil dan merata bagi seluruh masyarakat Indonesia.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *