Kompak, Harga Emas dan Bitcoin Sentuh Level Tertinggi Sepanjang Masa

banner 468x60

JAKARTA – Harga emas mencapai rekor tertinggi baru pada Senin (4/11/2023) dengan melampaui US$2.100. Sementara itu, harga Bitcoin melewati level psikologis $40,000, yang setara dengan akhir tahun sebesar $50,000.

Ketika reli Natal mendapatkan momentum, investor semakin menyukai aset-aset berisiko tinggi. Pertumbuhan luar biasa ini didukung oleh beberapa faktor, terutama perkiraan melemahnya Federal Reserve atau The Fed (Bank Sentral AS) dan dolar.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Respon positif investor terhadap pernyataan Ketua Federal Reserve Jerome Powell semakin memicu keyakinan bahwa bank sentral telah mengakhiri tren pengetatan moneter. Sinyal ini berpotensi menurunkan suku bunga mulai bulan Maret.

Ketika daya tarik emas meningkat seiring penurunan suku bunga, logam mulia ini menyoroti ‘badai sempurna’ di tahun 2023. Reli pasar di bulan November mencerminkan optimisme terhadap aset-aset berisiko.

Sejalan dengan kenaikan harga emas, saham-saham global membukukan kenaikan bulanan terbesarnya dalam tiga tahun terakhir. Investor antusias terhadap aset berisiko karena bank sentral utama, termasuk Federal Reserve, telah mampu melawan inflasi.

Pasar saham mengalami kenaikan yang kuat di bulan November, dengan S&P naik 9% dan Nasdaq membukukan kenaikan yang mengesankan sebesar 11%. Lalu, yang paling signifikan sejak tahun 1980, mencerminkan optimisme luas mengenai potensi penurunan suku bunga dan kebijakan moneter yang lebih akomodatif.

Harga emas global mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada akhir tahun 2023 dan diperkirakan akan terus berlanjut. Harga emas mencapai titik tertinggi sepanjang masa setelah menyentuh kisaran $2,148-$2,150 per ounce di perdagangan Asia.

Kemungkinan penurunan suku bunga The Fed pada Maret 2024 menjadi alasan optimisme pasar. Meski demikian, sikap para pejabat bank sentral Amerika Serikat masih tetap hati-hati.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *