Lakukan Ini untuk Cara Mencegah Pneumonia pada Anak

banner 468x60

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dokter spesialis anak subspesialis penyakit pernapasan anak RS Pondok Inda, dr Wahyuni ​​​​Indawati mengatakan pneumonia bisa disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau jamur. Penyebab paling umum adalah virus atau bakteri.

Upaya pencegahan yang dapat dilakukan dapat dimulai dengan memastikan agar infeksi tidak menyebar ke lingkungan. “Misalnya ketika kita sakit, sebaiknya kita menggunakan masker dengan baik dan menjaga etika batuk dan bersin yang baik, menutup mulut dengan lengan baju atau saputangan, lalu membuangnya ke tempat sampah,” ujarnya.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Untuk mencegah penyebaran infeksi, cuci tangan secara menyeluruh dengan sabun dan air setiap habis batuk dan bersin, setelah menyentuh permukaan benda, terutama di tempat umum, sebelum makan, dan lain-lain. Hal ini tidak hanya berlaku bagi orang tua saja, namun juga bagi anak-anak.

Selain itu, pneumonia juga dapat dicegah dengan pemberian ASI, memastikan status gizi yang baik, menghindari asap rokok dan polusi udara lainnya, serta melindungi anak melalui vaksinasi yang dapat mencegah pneumonia.

Saat ini terdapat beberapa vaksin yang dapat melindungi anak dari penyakit tersebut, antara lain vaksin influenza hemofilik B (DPT HiB) yang merupakan vaksin kombinasi, vaksin pneumokokus (PCV), vaksin influenza, dan vaksin campak (measles).

Menurut Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF), pneumonia merupakan penyebab kematian terbesar pada anak dibandingkan penyakit menular lainnya. Oleh karena itu, orang tua harus mengambil tindakan pencegahan.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah pneumonia pada anak. Sekitar 50 persen kematian akibat pneumonia pada masa kanak-kanak terkait dengan polusi udara, jadi jika Anda sakit, kenakan masker dengan benar. Terapkan etika batuk dan bersin yang benar agar tidak menulari anak lain. Studi menunjukkan bahwa mencuci tangan pakai sabun dapat menurunkan risiko pneumonia hingga 50 persen. Menyusui pada enam bulan pertama kehidupan merupakan cara yang efektif untuk melindungi anak dari pneumonia dan penyakit menular lainnya. Minum air bersih yang matang dan sediakan kondisi sanitasi yang baik di rumah Cara terbaik untuk melindungi anak dari pneumonia adalah dengan vaksinasi.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *