Luar Biasa, Ini 7 Presiden Indonesia yang Miliki Pendidikan Terakhir Mentereng

banner 468x60

goseo.id Edukasi – Ada sejumlah presiden Indonesia yang berpendidikan tinggi. Hal ini bisa membuat mereka menjadi yang terdepan di Indonesia.

Wajar jika seorang presiden mempunyai pendidikan yang luar biasa. Ini akan menjadi modal penting bagi mereka. Berikut pendidikan terkini Presiden Indonesia seperti dilansir berbagai sumber:

1.Sukarna

Sukarno adalah salah satu pahlawan dan presiden pertama Indonesia. Beliau adalah sosok yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Namun siapa sangka ia mempunyai pendidikan gemilang yaitu Technische Hoogeschool te Bandoeng atau yang kini dikenal dengan Teknik Sipil ITB.

2. Soeharto

Soeharto adalah presiden kedua Indonesia, dan ia memerintah Indonesia dalam waktu yang lama, yakni 32 tahun, sebelum akhirnya digulingkan. Selain menjadi seorang militer, ia juga mendapat pendidikan gemilang, yakni menjadi murid sekolah militer kolonial Belanda, dan kemudian menjadi anggota Koninklijke Nederlands Indische Leger (KNIL) atau Tentara Kerajaan Hindia Belanda.

3. B.J. Habibi

Setelah Soeharto dicopot dari jabatan Presiden Indonesia, ia digantikan oleh BJ Habibi. Dia menjabat sebagai presiden kurang dari dua tahun. Namun pendidikannya tidak biasa: ia mengambil jurusan teknik mesin di ITB, kemudian melanjutkan studi di Jerman sebagai insinyur penerbangan.

4. Gus Durr

Setelah BJ Habibi lengser sebagai Presiden Indonesia, Gus Dur atau Abdurrahman Wahid segera menggantikannya. Di masa mudanya, ia belajar di Universitas Al-Azhar di Mesir, dengan spesialisasi studi Islam. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Bagdad, Irak, dengan spesialisasi sastra Arab.

5. Megawati Sukarnaputra

Siapa sangka presiden perempuan satu-satunya di Indonesia ini kuliah di bidang Pertanian di Universitas Pajajaran Bandung, namun sayangnya ia tidak pernah menyelesaikan pendidikannya. Hal serupa juga terjadi saat Megawati kuliah psikologi di Universitas Indonesia.

6. Susila Bambang Yudayona

Susila Bambang Yudayona menjabat presiden Indonesia selama dua tahun, atau sepuluh tahun. Ia memiliki pendidikan militer yang sangat baik, termasuk Akademi Angkatan Bersenjata, Kursus Bahasa Amerika di AS, Kursus Lintas Udara dan Ranger AS, Kursus Lanjutan Perwira Infanteri AS, Kursus Senjata Anti-Tank di Belgia dan Jerman, dan Master of Arts dalam Manajemen. Universitas Webster di Amerika.

7. Jatuh

Kini sebagai presiden ketujuh Indonesia yang menjabat dan masa jabatannya akan segera berakhir, Jokowi memiliki latar belakang yang tidak biasa. Pernah kuliah di Universitas Gajah Mada dengan mengambil jurusan Forethinking. Megawati disebut-sebut menjadi satu-satunya Ketua Umum Parpol yang berani berperang melawan Jokowi. Belakangan ini, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnaputri semakin ramai terlibat urusan politik terkait pemenangan Pilpres 2024. goseo.id.co.id pada 7 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *