Macam-macam Rukun Umrah, Urutan Pelaksanaan hingga Larangan

banner 468x60

JAKARTA – Umrah dalam bahasa Arab berarti ziarah. Setiap orang yang menunaikan ibadah haji wajib mutlak menunaikan umroh, yaitu rangkaian ibadah yang termasuk dalam kesatuan ibadah haji.

Penyelenggaraan umrah ini berdasarkan pada firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 196 yang artinya “Lakukanlah haji dan umrah karena Allah”.

Ada beberapa perbedaan pendapat mengenai hukum umroh. Menurut Imam Syafi’i hukumnya wajib. Menurut mazhab Maliki dan Hanafi, hukumnya adalah muqad sunnah (sunnah penting).

Umrah hanya satu kali per Muslim, namun seringnya umrah tidak menjadi masalah, apalagi jika dilakukan saat Ramadhan.

Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang artinya “Umrah di bulan Ramadhan itu mirip dengan haji”.

Lantas, apa saja rukun yang harus dipenuhi saat menunaikan umrah?

Berdasarkan laman Kementerian Agama, Minggu 23 Juli 2023, rukun umroh adalah sebagai berikut: Ihram Tawaf Sai Mencukur atau memotong rambut secara berurutan dan berurutan

Apa perintah menunaikan umrah?

Sebelum menunaikan umroh, jamaah wajib berwudhu, meminum nektar, mengenakan pakaian ihram di miqat, dan salat sunah 2 rakaat.

Kemudian membaca niat umrah dan labak Allahumah-umrat-an (Aku datang untuk memenuhi panggilanmu ya Allah umrah), kemudian membaca Talbiyah dan Namaz dan masuk ke Masjidil Haram, Tawaf, Sai dan Tahlul.

Adapun tahapan-tahapan umroh adalah sebagai berikut : Mengenakan miqat dan Ihram di miqat (Tempat meeqat, lain-lain : Bir Ali, Jironah, Tan’im, dll) 2 Rakat Sholat Ihram (bila memungkinkan) Bacaan Niat Umroh : Labaik Allahumah Umrotan melanjutkan ibadah haji ke Makkah, membaca Talbiya sebanyak-banyaknya saat Ihram dan mengikuti perintah melakukan Tawaf 7 rakaat Sai antara gunung Safa – Marwah, 7 kali Tahallul (potong rambut).

Apa saja larangan saat umrah?

Seseorang yang sudah ihram dan hendak menunaikan ibadah haji atau umrah tidak boleh melakukan hal-hal sebagai berikut: Berhubungan intim atau melakukan perbuatan yang dapat menimbulkan hubungan seksual, karena) memakai pakaian yang dibuat khusus (untuk laki-laki) memakai wewangian. Khaf (kaus kaki atau sepatu yang menutupi mata kaki) Mengadakan pesta pernikahan Memotong kuku Mencukur atau mematahkan Mengenakan pakaian yang diwarnai dan berbau harum Membunuh hewan Memakan daging buruan

Nah, itu saja pembahasan mengenai rukun dan bagaimana larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan saat umrah ditegakkan. Selain memperhatikan berbagai posisi yang telah disebutkan di atas, sebaiknya para calon umroh juga menjaga posisi tubuhnya sebaik-baiknya untuk menunaikan ibadah agung tersebut. Seleksi Petugas Haji telah dimulai 1445 H/2024 M, berikut tabel waktu dan ketentuan Proses Pendaftaran Petugas Haji 2024 dimulai hari ini tanggal 7 Desember 2023 sampai dengan tanggal 17 Desember 2023. Yuk cek ketentuannya di artikel ini! goseo.id.co.id 7 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *