Mahasiswa Komunikasi UMM Luncurkan 14 Karya Portal Berita

banner 468x60

Malang – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil membuat 14 website berita dalam waktu 60 hari. Tak hanya itu, lebih dari 2100 artikel berita dari seluruh portal berita telah diunggah.

Saya wakil rektor, prof. Dr. Syamsul Arifin, MSi, sebelum launching website Rayz Hotel UMM pada Rabu 12 Juli 2023.

“Anak saya juga jurusan komunikasi. Sebelum bekerja, dia membandingkan kampus yang berbeda dan pilihannya adalah UMM,” ujarnya.

Aktivasi ditunjukkan dengan menekan tombol di aplikasi. Video klip pendek hasil karya 14 siswa ditampilkan di layar monitor besar. Selain WR 1, pemberian dekan FISIP prof. Dr. Muslim Mahmoud, ketua Program Studi Komunikasi Nasrullah, dan Vidya Ututanti, kepala Lab Komunikasi.

Dalam sambutannya, dekan menyampaikan harapan agar kiprah mahasiswa dapat terus berlanjut dan terus berlanjut dalam dunia usaha dan profesi di masa depan. “Ada yang menyebut generasi muda saat ini sebagai generasi yang tidak berguna, sehingga para pelajar menolak kreativitas dengan karya-karya tersebut,” kata Muslim.

Proses kreatifnya sudah berlangsung sejak April lalu. Nasrullah mengatakan, praktik tersebut dimulai dari riset pasar dan evaluasi media online. Siswa kemudian mengajukan tawaran pekerjaan. Penawaran yang disetujui akan diimplementasikan melalui produksi dan pembaruan situs web. Dalam praktiknya, proses produksi memakan waktu kurang dari 60 hari.

“Ini adalah pencapaian yang luar biasa. “Awalnya direncanakan 10 portal dan ribuan berita,” kata Nasrulla, seorang guru praktik jurnalisme online. Dhimas Ginanjar, Pemimpin Redaksi javapos.com, lulusan Ilmu Komunikasi UMM, guru binaan, juga turut serta dalam latihan ini. Vidya Ututanti, Kepala Lab Komunikasi UMM, menjelaskan mata kuliah praktik dalam kurikulum harusnya berdampak besar. Terdapat sembilan program magang di tiga peminatan di bidang komunikasi: Hubungan Masyarakat, Komunikasi Audiovisual dan Jurnalistik.

“Semuanya harus dalam bentuk karya kreatif seperti website, film, iklan dan acara khusus, serta penyelesaian masalah sosial dan manajemen krisis,” kata Vidya.

Selain itu, Nasrullah, Ketua Program Studi Komunikasi UMM, memaparkan bahwa 14 portal berita yang dihasilkan mahasiswa semester enam bisa menjadi wirausaha jika dilanjutkan. Karena selain membuat berita berupa cerita, infografis dan video, mahasiswa juga dituntut untuk memasarkan websitenya melalui media sosial.

“Dengan demikian, keterampilan mereka memenuhi persyaratan pekerjaan saat ini. Makanya kita harus bisa meliput, mengedit, memposting berita, dan terindeks Google dan menjadi viral, kata Nasrullah.

Menariknya, 14 portal tersebut berbeda berdasarkan subjeknya. Ada artikel tentang lingkungan hidup, perempuan, ICRC, olahraga, game online, memasak, seni dan budaya, ekonomi kreatif, dan dunia maskulinitas. Berita yang diproduksi dikemas dalam bentuk live news, feature story, video jurnalisme, infografis, foto jurnalistik, dan pemberitaan mendalam yang meniru jurnalisme dunia nyata.

Sekalipun mereka masih bekerja pada tingkat akademis dan praktik, tim harus mendapatkan klien untuk mendapatkan sponsor guna meliput jurnalisme korporat atau jurnalisme merek. Website yang dibuat sebaiknya dipasarkan melalui jejaring sosial untuk menjangkau khalayak luas.

“Magang jurnalisme online ini lebih banyak melibatkan komunikasi dengan orang asing, sehingga merasa seperti jurnalis sungguhan. Sejak magang ini, saya belajar kebiasaan menulis, yang membantu jika ada tugas menulis seperti ini.”, – kata Abdul. . Pemimpin redaksi Ekomikro.com Kadir K. adalah seorang mahasiswa praktik.

Pemimpin Redaksi Mascoolin.id Sandy Aditya juga mengatakan, “Saya mendapat banyak pelajaran baru, khususnya tentang pengelolaan media online.”

Namun, tugas magang yang paling sulit adalah desain awal website, karena saya tidak memiliki website. “Cinta pengalaman ini bukan pengalaman, bencinya agak ekstrem, terutama bagian desain web,” kata Dafa V. Pratama, Pemimpin Redaksi Mantradea.com.

Selain magang jurnalisme online, Komunikasi UMM juga mengadakan magang PR Media, PR Event, Jurnalisme Cetak dan program TV pada semester ini. Dalam waktu dekat, seluruh hasil praktiknya akan dipresentasikan pada acara pameran tahunan bertajuk Komma.

“Pada acara Kommaksi kami mengundang para pemangku kepentingan yang merupakan mitra praktis para mahasiswa, yang akan dievaluasi dan dievaluasi. Sesuai pengalaman kami pada tahun-tahun sebelum pandemi, kami memiliki pihak-pihak yang menarik dan mempekerjakan mahasiswa kami untuk bekerja di perusahaan klien, “ucap Vidya.

Berikut 14 portal berita keluaran mahasiswa jurnalistik online angkatan 2020: menugenz.id, mascoolin.id, agrotopia.id, ekomikro.com, mantridea.com, teramala.id, flocation.id, akan memberikan id, vomer. id, santapanasia.com, zonamama.id, lokagreen.id, Bachelorgame.com, makangalam.com Departemen Pendidikan Kementerian Agama Pengelola Website dan Media Sosial Terbaik Departemen Pendidikan Islam (Ditjen) Pendis) Kementerian Agama Pengelolaan Sosial Terbaik kategori memenangkan dua penghargaan tertinggi di bidang media dan internet. goseo.id.co.id 9 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *